Lihat ke Halaman Asli

Willy Sitompul

Pekerja sosial

Si Hitam Kembali Sehat Berkat Aki MF GS Astra

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

135305747128658189

Duh, paling sial deh kalau mobil mogok pas malam hari. Mana jalan sepi, nggak ada orang yang bisa diminta tolong untuk dorong. Tapi ini bukan satu atau dua kali aku alami. Sudah sering si hitam mobil tuaku ini mogok tak bisa distart. Tapi mau bagaimana lagi? Mau ganti mobil, tabungan tak cukup. Mau pinjam uang? Malu ah! Padahal si hitam ini andalanku satu-satunya untuk menerabas padatnya lalu-lintas di Surabaya. Maklum, bawaanku setiap hari tak sedikit. Namanya juga bekerja sambil belajar di rumah sakit. Resikonya ya begini, bawaan berat. Buku-buku teks yang lumayan berat plus ditambah baju ganti, membuatku tidak mungkin menggunakan sepeda motor setiap harinya.

Sebenarnya masalahnya hanya sepele yaitu masalah aki. Bagian mobil yang satu ini memang sering dianggap enteng padahal fungsinya vital sekali. Nah, secara garis besar aki pada mobil atau motor memiliki tiga fungsi:

Pertama, di saat mesin mati, aki berfungsi menjadi sumber energi listrik untuk penerangan dan komponen-komponen aksesoris lainnya pada mobil atau motor. Kedua, di saat starter aki berfungsi untuk menjalankan atau memberikan energi listrik ke sistem starter atau menjalankan dinamo starter. Ketiga, saat mesin hidup, aki berfungsi untuk menstabilkan tegangan pada kendaraan. Selama mesin hidup suplai listrik pada mobil atau motor diberikan oleh alternator, dan aki hanya menampung kelebihan listrik yang dihasilkan oleh alternator, agar tidak merusak komponen-komponen kelistrikan lainnya pada mobil atau motor.

Fungsi lain dari aki tentu saja untuk penerangan dan tanda-tanda berkendaraan seperti lampu, sein dan klakson. Namun jika mobil atau motor anda menggunakan kendaraan sistem injeksi, maka fungsi aki atau battery akan lebih vital lagi. Seperti diketahui, kendaraan injeksi bekerja dengan bantuan sistem komputerisasi yang banyak berkaitan dengan kemampuan arus listrik mensuplai kebutuhan alat tersebut, untuk mengumpulkan data, dan mengolahnya menjadi serangkaian aksi guna menjalankan kendaraan dengan stabil. Dapat dibayangkan jika aki anda mengalami penyusutan voltase atau bahkan mati. Bisa-bisa kendaraan anda ngadat sementara Anda bingung apa penyebabnya.

[caption id="attachment_209589" align="aligncenter" width="300" caption="Sumber: aki.gs-astra.com"][/caption]

Apa saja sih jenis-jenis aki yang ada saat ini di pasaran? Ada tiga kategori jenis aki saat ini yang tersedia di pasaran. Tinggal kita memilih sesuai kebutuhan kita. Dalam memilih aki, perlu juga kita mempertimbangkan mereknya. Yang bagus dan terjamin adalah buatan GS Astra. Oh iya kembali ke jenis aki, ada aki konvensional yaitu aki yang memerlukan perawatan alias harus rajin memeriksa tinggi rendah air aki dan rutin memeriksa kadar kelistrikannya. Ada juga aki hybrid yang minim perawatan tapi tetap butuh perawatan juga. Yang ketiga adalah aki Maintenance Free (MF). Nah, kayaknya ini yang paling cocok buatku yang punya jadwal padat. Tidak perlu perawatan dan memiliki banyak keunggulan. Apa saja tuh keunggulannya? Nih, keunggulan aki MF GS Astra:

Tangguh untuk iklim Tropis Indonesia

Didesain khusus untuk iklim tropis Indonesia.

Tanpa Perawatan

Teknologi Water Trap Filter Design, yang dikandung aki MF GS Astra membuatnya tidak memerlukan penambahan dan pengecekan air aki lagi sehingga menghemat waktu dan biaya perawatan. Kerusakan aki akibat kelalaian mengecek dan menambah air aki menjadi tidak ada.

Daya Start Tinggi

Aki MF GS Astra dapat menyimpan energi listrik lebih lama bahkan cocok untuk digunakan pada kendaraan yang relatif jarang dipakai atau kondisi mesin mobil dingin. Ini dikarenakan teknologi Advanced Lead-Calcium yang ada di setiap aki MF GS Astra.

Bebas Korosi/ Karat

Sehingga kebersihan mobil dan aki lebih terjaga.

[caption id="attachment_209593" align="aligncenter" width="566" caption="Sumber: aki.gs-astra.com"]

13530563081741132413

[/caption]

Memang sih harganya agak sedikit mahal jika dibandingkan dengan harga aki konvensional misalnya. Belum lagi sebagian orang lebih suka men-charging ulang aki lamanya ketimbang membeli aki baru. Padahal kebiasaan ini justru dapat merusak sistim kelistrikan mobil atau motor. Akhirnya kuputuskan untuk segera membeli aki MF GS Astra di salah satu bengkel yang terekomendasi di Surabaya. Si hitam pun jadi mudah distarter. Akhirnya si hitam kembali sehat berkat aki MF GS Astra. Si hitam sehat hatiku pun tenang!

Bacaan:

http://aki.gs-astra.com/index.php/berita-detail/46/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline