Lihat ke Halaman Asli

Wilya Adisa

XBanker, K-Drama Lover, Novel Reader, a Mommy and a Wifey

Pilih Sekolah Negeri atau Swasta? Cek dulu 5 Fakta Ini

Diperbarui: 12 Juni 2023   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: pinterest.com/pngtree 

Sebagai orang tua, pasti ingin segalanya yang terbaik untuk anaknya. Pilih sekolah swasta oke, pilih sekolah negeri juga oke. 

Namun, orang tua perlu pastikan 5 hal ini terlebih dahulu sebelum memutuskan mau menyekolahkan buah hati ke mana. 

1. Jadwal Penerimaan. 

Tahun ajaran baru akan segera tiba. Bisa dipastikan proses penerimaan siswa baru sudah atau dalam proses sedang dilakukan. Jika memilih sekolah swasta, proses penerimaan siswa baru biasanya dibuka akhir tahun sampai awal tahun. 

Jadi, ketika anak belum ujian kelulusan, sudah mendapat sekolah di jenjang berikutnya. Sementara jika memilih sekolah negeri, penerimaan siswa baru, baru dilakukan di bulan Juli sebelum tahun ajaran baru dimulai atau setelah ujian kelulusan dan terima rapot. 

2. Biaya. 

Sekolah negeri adalah sekolah yang disediakan oleh pemerintah. Oleh karena itu, bisa dipastikan sekolahnya gratis. Tidak ada uang gedung atau spp bulanan. Kalaupun ada, mungkin hanya iuran siswa untuk ekstra kulikuler tambahan karena diperlukan guru bantu yang mana guru bantu ini biasanya bukan dari dalam sekolah.

Sekolah swasta adalah sekolah yang dibuat oleh yayasan atau non pemerintah. Sehingga dari segi biaya, dilakukan secara mandiri tanpa bantuan pemerintah. Selain tentunya didanai oleh yayasan, tentu juga sumber pendanaan adalah walimurid itu sendiri. 

Di mana, SPP dan biaya masuk sekolah tidaklah gratis. Besarnya tergantung kesepakatan dari kedua belah pihak dan tergantung dari kemampuan wali murid. Hanya saja, karena memang tidak gratis, kebanyakan yang memilih menyekolahkan di sekolah swasta tentu anak dari golongan menengah ke atas. 

3. Fasilitas. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline