Lihat ke Halaman Asli

Mengoptimalkan Perencanaan Produk di Era Industri 4.0

Diperbarui: 29 Mei 2022   01:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama: Willy pangestu

NIM: 115190274

Designed by Willy Pangestu

Revolusi industri 4.0 yang mengedepankan pada teknologi digital dan cyber sistem membawa pengaruh pada pendekatan organisasi dan perusahaan yang mengandalkan analisis intelektual untuk menunjang pengelolaan proses otomatisasi sistem. Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, ide-ide produk baru yang cemerlang mulai di temukan dalam era industri ini, yang tidak bisa mengikuti perkembangan akan tertinggal jauh di belakang. Proses pemanfaatan teknologi juga membawa hubungan timbal balik antara kompleksitas bisnis seperti perencanaan produk.

Secara garis besar revolusi industri 4.0 membawa perubahan untuk perusahaan dalam merencanakan pembuatan produk. Persaingan antar perusahaan semakin berdempetan, para pengusaha mulai berlomba-lomba dalam menciptakan produk andalan mereka, karena itu di era revolusi industri 4.0 perusahaan harus bisa mengoptimalkan perencanaan produk yang akan diproduksi untuk kedepannya yang memiliki peningkatan nilai tambah produk agar bisa bersaing dengan para pencipta produk.

Di era revolusi industri 4.0 ini, produk yang ditawarkan harus bisa meningkatkan nilai tambah yang berfungsi lebih efektif dan efisien. Produk yang bisa memenuhi kebutuhan pasar dan memiliki kualitas lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya. untuk memenuhi kriteria tersebut, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilewatkan dalam perencanaan produk di era revolusi industri 4.0 yaitu:

hd-2-629268efce96e5217f2e09e2.jpg

Designed by Willy Pangestu

Riset Pasar

Komponen pertama adalah Riset Pasar yang berarti perusahaan sebelum membuat produk harus melakukan riset tentang permasalahan apa yang terjadi di Masyarakat di era revolusi industri 4.0 ini dan barang apa yang dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Di era revolusi industri 4.0 sekarang ini teknologi sudah semakin canggih dari era industri sebelumnya sehingga sudah cukup mudah untuk perusahaan mengumpulkan data segmentasi pasar. Penting juga untuk perusahaan menentukan target pasar agar bisa menyesuaikan barang yang diproduksi dengan kebutuhan dan keinginan Konsumen.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline