Lihat ke Halaman Asli

Sampah Peluang Bisnis

Diperbarui: 6 Maret 2016   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sampah. apa yang pertama kali ada di pikiran kita jika kata yang satu ini terucap? kotor? bau? tidak berguna? Dan kata” yang tidak enak didengar lainya yang berkaitan dengan sampah. memang sudut pandang orang akan “otomatis” jelek jika mendengarnya, tapi tidak bagi saya saya tidak ingin menyamakan sudut pandang saya dengan orang orang karena saya bukan mereka. 

Dari pada saya berasumsi bahwa sampah adalah segala sesuatu yang jelek lebih baik saya berasumsi bahwa sampah adalah hal yang berguna , ya memang sampah dibuang oleh orang karena nilai gunanya sudah habis tapi apakah benar” habis? Bisa dibilang begitu jika memang sudah tidak ada setitik kecilpun sesuatu yang tersisa dari sampah tersebut tapi jika masi ada wujud daripada sampah itu itu akan bisa dijadikan sesuatu yang berguna lagi di tangan orang- orang kreatif dan tidak berpikiran sempit seperti kebanyakan orang.


 Berulang kali saya bilang sampah masi bisa mendapatkan nilai guna tapi apa itu? Bisa dijelaskan tidak? Oke akan saya jelaskan. Misalnya sampah sampah yang bertebaran di sepanjang jalan yang sudah menghiasi ibu kota jakarta ,yang tentunya telah "dihiasi" oleh orang- orang tidak bertanggung jawab yang tidak mempunyai kepedulian , di tangan orang-orang kreatif sampah botol, bungkus kopi, bungkus permen, 

kemasan, dan lain-lain akan “disulap” menjadi barang yang berguna lagi, seperti kemasan plastik di gabungkan menjadi tas atau pun dompet yang dapat dijual dan menjadi bisnis kecil-kecilan, botol plastik juga bisa ditambah roda dan menjadi mainan bagi si buah hati dan tas yang sudah digabungkan dari bahan-bahan kemasan itu bisa di berikan pada anak sekolah yang mengunakan kantong plastik sebagai tas mereka atau pun bisa dijual kepada orang-orang dan menghasilkan uang. 


Dengan bermodal niat, kemauan akan menghasilkan uang. Bisa juga untuk peluang pekerjaan bagi orang-orang yang tidak bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi serta orang-orang yang mengangggur. kita seharusnya tidak malu bila menggunakan barang-barang berguna yang terbuat dari sampah karena barang-barang tersebut adalah hasil kreatifitas dari teman-teman kita yang peduli terhadap barang-barang kecil yang masih bisa di manfaatkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline