Lihat ke Halaman Asli

Willi Andy

TERVERIFIKASI

Hidup dengan cinta dan kasih sayang

Jadikan Profesi melalui WFH sebagai Aset ketika Mengalami PHK

Diperbarui: 7 Maret 2023   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Andrea Piacquadio, pexels.com

Fenomena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) kembali menghantui kita semua. Pertumbuhan ekonomi yang lambat dan suku bunga yang tinggi menjadi dua penyebab utama PHK.

Jika dua hal tersebut sulit dikendalikan hingga menimbulkan resesi global, maka bersiaplah untuk memikirkan solusinya jika terkena PHK.

Syahdan, memasuki bulan ketiga pada awal tahun 2023, beberapa perusahaan sudah merasakan penurunan profit dan tingginya pengeluaran. Untuk itulah mereka mengambil sebuah langkah inisiatif berupa PHK bagi sejumlah karyawan.

Nah, kalau kamu merasa posisimu terancam sebagai seorang karyawan di kantor, maka kamu harus mempersiapkan diri ketika hal itu terjadi.

Ada beberapa orang akan mempersiapkan diri untuk merintis bisnis, meskipun bisnisnya dalam skala kecil atau menengah.

Lalu ada juga yang mencari pekerjaan di tempat lainnya, walaupun itu adalah pekerjaan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Namun, kalau kamu tetap ingin bertahan dengan profesi yang sama setelah di-PHK, ada baiknya kamu mempertahankan hal tersebut dengan cara yang lain.

Tetapi bagaimana caranya? Yuk disimak!

Pertama, kamu bisa merubah kamar kosong menjadi kantor dan bekerja di sana alias Work From Home (WFH). Itu akan menjadi sebuah aset terpenting yang bisa kamu ajukan ke perusahaan baru.

Dan pastinya banyak perusahaan yang setuju dengan hal ini, apalagi bagi perusahaan startup. Hal tersebut dikarenakan mereka ingin menghemat beberapa pengeluaran seperti penyediaan ruang dan gedung, iuran listrik, air, sampah, serta sarana dan prasarana kantor lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline