Lihat ke Halaman Asli

william litawan

Sales Engineer - Coach - Youtuber

Olahraga untuk Lansia

Diperbarui: 18 November 2020   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Halo selamat pagi, 

pada channel youtube saya, saya baru saja meng-upload tentang video Q and A, pertanyaannya berasal dari teman-teman saya yang ingin tau lebih banyak tentang kebugaran, pola makan, dan program olahraga. 

ada pertanyaan yang menarik yaitu tentang olahraga pada lansia, konteksnya adalah diatas 60 tahun. Menurut saya yang namanya olahraga tidak terbatas oleh usia, justru kalau kita rajin olahraga sejak masih muda dan rutin terus menerus olahraga diatas 60 tahun sangat memungkinkan. Bagaimana kalau tidak terbiasa olahraga dan ingin mulai olahraga diusia 60 tahun?

bisa saja, tapi perlu diperiksa dulu apakah ada riwayat penyakit dan gangguan kesehatan? apakah masih bisa bergerak secara aktif? semua perlu penyesuaian dan program latihan pun akan disesuaikan dengan keadaan yang bersangkutan bahkan kalau perlu cek dulu ke dokter konsultasi atau bahkan general check up untuk melihat keadaan diri kita. Jika sudah ada hasil maka bisa konsul lagi ke dokter apa olahraga yang disarankan. 

dari sisi pelatih kebugaran saya sendiri sangat menyarankan untuk latihan beban jika memungkinkan tentu dengan penyesuaian, supaya otot dikuatkan, tulang dipadatkan, dan kalori dipakai, pada akhirnya adalah body recomposition. Kita meningkatkan massa otot kita, seimbangkan cairan dalam tubuh, padatkan tulang, optimalkan organ, dan turunkan lemak. 

Karena pada saat ini banyak sekali 'kewajaran' yang terjadi di masyarakat pandangan bahwa kalau sudah semakin tua maka tubuh akan lemah, banyak penyakit, tulang makin lemah, dan ketergantungan dengan obat-obatan. Semua ini disebabkan hanya karena kita tidak angkat beban sejak dini dan tidak mau angkat beban karena merasa tua. Padahal bisa saja kita menua secara bugar dan itu sangat mungkin asal kita rajin angkat beban dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. 

Apakah kita punya cita-cita untuk tetap kuat dan bugar saat lansia? 

Apakah kita mau untuk terus hidup dalam 'kewajaran' yang ada di Masyarakat? 

Pilihan ada ditangan kita. Terimakasih 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline