Lihat ke Halaman Asli

Bahasa Indonesia sebagai Harta Dunia

Diperbarui: 24 November 2023   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa merupakan alat komunikasi, menjadi jembatan antar individu, kelompok dan negara. Bagi Indonesia, Bahasa Indonesia tidak hanya menjadi alat komunikasi sehari-hari namun juga menjadi sumber persatuan dalam keberagaman budaya tanah air.

Mula-mula, pentingnya suatu bahasa tidak terbatas pada wilayah geografis negara tempat bahasa terkait digunakan. Bahkan kini, Bahasa Indonesia mulai merambat menuju kehidupan masyarakat di seputar dunia, menjadi sebuah bahasa yang diperhatikan dan diakui dalam skala global.

Hal ini bukan merupakan suatu kebetulan belaka, melainkan hasil kerja keras pemerintah dan masyarakat Indonesia yang mampu mengembangkan Indonesia dengan baik pada waktu singkat, dengan salah satu faktor utamanya yakni pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat di dunia internasional. 

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah perlambatan ekonomi global. Bahkan, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan 2023 tercatat sebesar 5,03% (yoy). Sejak tahun 2016, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang stagnan yakni sekitar 5% setiap tahunnya.

Sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar di wilayah Asia Tenggara, Indonesia semakin menarik perhatian dunia pada lingkup internasional, khususnya mengenai perhatian terhadap Bahasa Indonesia. Pada dinamika prosesnya, kegiatan bisnis dan perdagangan internasional memerlukan bahasa yang efektif, dan bahasa Indonesia mulai diterima  dunia sebagai bahasa bisnis yang esensial. Faktor ini menyebabkan berbagai negara di dunia untuk mempersiapkan generasi mudanya dengan pendidikan Bahasa Indonesia.

Sebagai contoh, tidak sulit menemukan orang-orang yang cukup fasih berbicara bahasa Indonesia di beberapa wilayah Australia. Hal ini disebabkan oleh cukup banyak sekolah di Australia yang mempelajari bahkan mewajibkan siswa hingga kelas 7 untuk mengikuti pelajaran bahasa Indonesia.

Selanjutnya, pendidikan juga berperan penting dalam mengangkat Indonesia (terutama bahasanya) untuk dapat diakui di dunia internasional. Terdapat banyak institusi pendidikan di Indonesia yang menawarkan program bahasa Indonesia untuk orang asing. Hal ini menciptakan peluang bagi masyarakat internasional untuk memahami dan menggunakan bahasa Indonesia secara utuh.

Selain hal tersebut, kebijakan pemerintah yang mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kajian internasional juga memberikan kontribusi yang besar. Program pertukaran pelajar, beasiswa (terutama pada Perguruan Tinggi dalam Negeri), dan pelatihan formal merupakan langkah yang esensial dalam membuka pintu penyebaran Bahasa Indonesia ke seluruh dunia.

Lalu, dukungan teknologi juga berperan dalam memperluas jangkauan bahasa Indonesia. Internet, media sosial, dan platform pembelajaran online memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat dari berbagai belahan dunia untuk mempelajari bahasa Indonesia. Konten pendidikan dalam bahasa Indonesia juga semakin mudah diakses sehingga mempercepat proses pembelajaran. 

Terakhir, keberagaman budaya Indonesia juga menjadi daya tarik tersendiri. Indonesia sebagai jendela kekayaan budaya, tradisi, dan keindahan alam Indonesia menyebabkan banyak orang dari berbagai negara untuk ingin mengetahui lebih banyak tentang Indonesia. Hal ini dapat direalisasikan dengan lebih baik lagi melalui pemahaman akan bahasa Indonesia sebagai kunci budaya Indonesia.

Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa dengan pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut, dukungan pemerintah, peran pendidikan, teknologi dan daya tarik budaya, bahasa Indonesia mempunyai peluang besar untuk menjadi bahasa internasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline