Lihat ke Halaman Asli

Andaikan PSSI seperti FFA (Football Federation of Australia)

Diperbarui: 29 Juni 2015   03:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Andaikan saja ya. PSSI ini seperti FFA.

Ingat ASA saat tidak lolos kualifikasi Piala Dunia FIFA 2002 Korea Selatan-Jepang? Saat mereka tidak lolos kualifikasi, mereka langsung bebenah diri. Pihak Pemerintah Australia memang menemukan masalah-masalah Internal Sepak Bola Australia, yakni kebanyakan Pengaturan Skor di Negara Kanguru itu. Menteri Olahraga Australia langsung turun tangan. Menteri Rod Kemp menyetop kucuran dana AUD 2,6 Juta/Rp 26,5 Miliar ke Australian Soccer Association. Dan Penghentian itu dilakukan sampai ASA melakukan Pembenahan Internalnya. ASA pun bersedia membenahi internalnya, dengan cara mengundang lembaga independen yang dipimpin David Crawford.

Tim pimpinan Crawford tersebut mempunyai empat tugas utama. Mulai dari melakukan analisis struktur dan manajemen di ASA, lalu mencari bagaimana solusi ke depan, setelah itu berlanjut ke analisis antisipasi yang terjadi, termasuk ancaman sanksi FIFA, kemudian memberikan rekomendasi.

Setelah keluarnya Rekomendasi dari Tim Crawford, ASA mengalami perubahan. ASA pun berganti nama menjadi FFA (Football Federation of Australia). Frank Lowy (Orang terkaya kedua di Australia) ini lah dibalik Perubahan Nomenklatur Federasi sepak bola tersebut. Alasannya mengganti nama tersebut adalah, karena ASA sudah buruk "imej"nya dan banyak juga kasus korupsi dibawah nama federasi tersebut.

Lah, lalu kenapa FIFA tidak menjatuhkan banned? Itu karena laporan dari tim Crawford ini dilaporkan kepada pemerintah dan diteruskan ke FIFA. Dari situ, pihak FIFA pun bisa melihat sejauh mana keseriusan Australia untuk mereformasi persepakbolaannya, dalam kenyataannya FIFA tidak menjatuhkan sanksi bagi Australia.

Dibawah FFA pun sepakbola Australia meningkat tinggi. Sistem liganya juga berstandar AFC dan FIFA.

yang saya suka dari FFA adalah Asosiasi dan Sistem Liganya. Lihat dibawah ini:

- Asosiasi -

FFA mempunyai 8 Asosiasi dibawahnya. Setiap Asosiasi mempunyai liganya sendiri untuk mencapai A-League. Tidak seperti PSSI mempunyai AsProv sampai AsKot/AsKab tapi tidak mempunyai liga daerah untuk ke ISL. Asosiasi bawah FFA tersebut antara lain:

- Capital Football, Federasi Sepakbola ibukota Australia

- Northern NSW Football, NSW Football; Federasi Sepakbola bagian New South Wales

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline