Lihat ke Halaman Asli

Nih, Konsumsi Nasional!

Diperbarui: 10 Oktober 2016   08:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Konsumsi  merupakan barang kebutuhan atau jasa yang dilakukan oleh rumah tangga yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya seperti pakaian,makaanan, barang-barang kebutuhan yang lain juga dapat digolongkan barang konsumsi.  Dilihat dari segi ekonomi konsumsi merupakan tindakan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu ekonomi.

Ekonomi dalam cakupam makro ekonomi  merupakan konsumsi nasional yang mempunyai fungsi menghubungkan  laju pengeluaran dan pendapatan nasional .namun harus diakui bahwa tambahan laju pengeluaran konsumsi tidak berarti tambahan pendapatan sebab, tidak semua pendapatan digunakan untuk  konsumsi. Secara makro pengeluaran konsumsi masyarakat berbanding lurus dengan pendapatan nasional. Karena semakin besar pendapatan semakin besar pula pengeluarannya.

Adapun macam-macam teori konsumsi yaitu:

Teori konsumsi  John Maynard Keynes dalam teorinya mengandalkan analisis statistic, dan juga dugaan-dugaan konsumsi bedasarkan intropeksi dan observasi casual.|
 pertama, Keynes menduga bahwa kecnderungan mengkonsumsi marginal  jumlah yang dikonsumsi dalam setiap pendapatan antara nol dan satu. kedua, menyatakan bahwa rasio konsumsi terhadap pendapatan, yang disebut kecenderungan mengkonsumsi  rata-rata turun ketika pendapatan naik. Dan dia percaya bahwa tabungan merupaka kemewahan sehingga, dia berharap agar orang kaya menabung dalam profesi yang lebih tinggi.

Teori konsumsi dengan siklus hidup yang dikemukakan oleh Franco Modigliani menerangkan bahwa pola pengeluaran konsumsi masyarakat mendasar kepada kenyataan bahwa pola pengeluaran konsumsi seorang pada umumnya dipengaruhi oleh siklus hidupnya.karena orang lebih cenderung menerima penghasilan atau pendapatan yang rendah pada usia muda.

Teori konsumsi dengan pendapatan yang relative, James Dusenberry mengemukakan bahwa pengeluaran konsumsi masyarakat ditentukan oleh tingginya pendapatan yang pernah dicapainya. Untuk mempertahankan tingkat konsumsi yang tinggi terpaksa harus mengurangi saving.apabila pendapatan bertambah maka konsumsi mereja juga bertambah pula. Dalam teorinya, dusenberry menggunakan dua asumsi yaitu:

tingkat konsumsi adalah interpendent terhadap tingkat pendapat tingggi atau kebiasaan yang terjadi sebelumnya.

Tingkat konsumsi bersifat irreversible yang bermakna bahwa apa yang terjadi pada saat pendapatan naik, tidak akan selalu merupakan kebalikan.

Konsumsi dengan pendapatan permanen yang dikemukakan oleh Milton Friedman pada tahun 1957 perlu adanya pembedaan dalam pembahasan konsumsi  antara measured income dengan permanent income. Measured income adalah pendapatan yang diterima pada waktu tertentu, sedangkan permanen income adalah pendapatan yang akan diterima pada masa yang akan datang.

Definisi Inflasi

Inflasi merupakan proses kenaikan harga barang secara terus menerus. Kenaikan yang terjadi hanya sekali ( meskipun persentase cukup besar) bukanlah merupakan inflasi. Kenaikan harga diukur dengan menggunakan index harga. Harga index yang digunakan antara lain:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline