Marketing Plan dan Segmentasi
Adalah sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strategi marketing atau cara pemasaran untuk mencapai target dalam menjalani bisnis.
Unsur-unsur marketing plan, ialah:
1. Ringkasan dan tujuan perusahaan
Jadi, seseorang yg menjalani sebuah usaha harus mengetahui ringkasan dan kejelasan dari usahanya tersebut bagaimana dan tujuannya seperti apa.
2. Tentukan target dan standar yang harus dicapai
Jadi, seorang usahawan harus mengetahui target dan standar apa yang harus dicapai agar kemudian tidak kebingungan dan kewalahan.
3. Tentukan target pasar
Jadi, kita observasi ke lapangan terlebih dahulu agar kita dapat mengetahui target pasar yang dibutuhkan apa saja dan kira-kira dalam jumlah berapa.
4. Tetapkan jenis konten promosi
Jadi, kita harus membuat promosi dan menetapkan konten promosi tersebut agar konsumen atau masyarakat bisa tau produk apa yang sedang kita jual.
5. Kenali kompotitor
Kompotitor adalah lawan dari usaha kita. Jadi, kita harus tau usaha mereka seperti apa agar kita lebih memperbaiki usaha yang kita punya dan tentunya akan lebih disukai oleh konsumen atau masyarakat.
6. Tetap fokus dan prioritas
Jadi, ketika kita sudah memiliki banyak ide dan pemikiran kita harus tetap fokus dengan tujuan awal. Maksudnya ialah kita boleh memiliki banyak ide tapi kita harus tetap fokus dan memprioritaskan ide awal agar usaha terencana dengan baik dan lancar.
7. Tetapkan budget
Jadi, kita harus mengetahui modal kita berapa dan menetapkan budget kita agar dapat mengetahui hasil untung dan rugi yang kita dapatkan.
8. Segmentasi
Ialah mengelompokkan pasar, maksudnya kita mengelompokkan minat konsumen terhadap suatu barang di tempat atau daerah tertentu.
Dalam marketing plan ada yang namanya positioning, yaitu seorang pebisnis harus membuat daya tarik atau karakter yang berbeda. Jadi dalam positioning disini seorang pemasar harus bisa meyakinkan dan menanamkan image produk yang berbeda dari produk itu.
Setiap bisnis pasti banyak persaingan entah dalam hal apapun itu, kemudian disini setiap produk yang dilempar ke pasar biasanya dapat diamati dalam 3 jenjang, yaitu:
1. Inti produk, yakni manfaat yang hakiki bagi pembeli itu sendiri.
2. Wujud produk, yakni ciri, gaya, mutu, merek, dan kemasan yang membentuk suatu produk.
3. Produk yang disempurnakan, nah yang terakhir yang mungkin membedakan produk yang ori atau bukan yaitu adanya masa jaminan masa pemasangan, pemeliharaan, secara cuma-cuma seperti hp, laptop biasanya ada masa jaminannya atau garansi selama berapa bulan.
Ide sebagai dasar pemikiran dari pada perusahaan harus dijadikan tumpuan utama untuk menjalankan aktivitas berbisnis. Maka dari itu ide harus di rencanakan dan dibuat dengan matang.
Jika memang ide tersebut belum maksimal, bukan berarti mengganti ide awal yang sudah berjalan, alhasil perusahaan akan ketinggalan zaman, maka dibutuhkanlah pengevaluasian program, seperti plan-do-check-act-plan-do-check-act begitupun seterusnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H