Lihat ke Halaman Asli

Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Bendosari, Kendal ,Mahasiswa UNNES Giat 9 Gelar Sosialisasi Business Plan dan Workshop Pembuatan Selai Bunga Rosella

Diperbarui: 14 Juli 2024   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok UNNES Giat 9 Bendosari

Desa Bendosari, Plantungan, Kendal terkenal dengan wisata alamnya yaitu Curug Jeglong serta menjadi sentra penghasil cengkeh,mlinjo, dan gula aren yang sangat melimpah.

Mahasiswa UNNES Giat 9 Desa Bendosari melihat adanya potensi lain yang ada di Bendosari yaitu Tanaman Bunga Rosella.Pada awal kegiatan kami yaitu membantu pembagian bantuan beras di Balai Desa ,kami disuguhi "Teh Rosella" yang memiliki rasa khas masam.
Kami melihat di sepanjang jalan banyak Tanaman Bunga Rosella yang hanya digunakan untuk membuat minuman.

Dari Potensi tersebut kami memiliki Inovasi untuk membuat Workshop pembuatan selai berbahan Bunga Rosella. Dengan harapan Desa Bendosari bisa menjadi sentra dan pencetus Selai Bunga Rosella.

Dok. UNNES Giat 9 Bendosari

Kegiatan Workshop ini juga disertai dengan Sosialisasi Business Plan agar masyarakat Bendosari bisa membuat perencanaan bisnis yang lebih matang dan mampu bersaing secara global. 

Pada kegiatan tersebut yang melibatkan Ibu-ibu Fatayat se-Bendosari berjalan secara lancar dan penuh antusias. Acara dimulai dengan kegiatan rutin pengajian Fatayat kemudian dilanjutkan sosialisasi Business Plan secara terperinci oleh Mahasiswa UNNES Giat 9 yang berisi analisis SWOT dan lain sebagainya dengan contoh Bisnis Pembuatan Selai Bunga Rosella , setelah itu disambung dengan kegiatan Demo Memasak Bunga Rosella menjadi selai.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan kami berharap supaya Desa Bendosari bisa melanjutkan Inovasi tersebut supaya bisa lebih terkenal secara Global dan membantu meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Bendosari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline