Lihat ke Halaman Asli

Peran Mahasiswa dalam Memberikan Perubahan Positif di Masyarakat

Diperbarui: 2 Januari 2024   19:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Para mahasiswa harus mampu untuk menunjukkan peranan aktif mereka agar dapat terwujudnya solusi serta perubahan positif dalam lingkungan masyarakat. Mahasiswa memiliki peran sebagai agent of change atau sebagai agen perubahan yang artinya mahasiswa tidak hanya berperan sebagai penggagas perubahan, namun juga sebagai pelaku dari gagasan perubahan tersebut. 

Mahasiswa juga diharuskan untuk memiliki akhlak yang baik karena peran mahasiswa sebagai moral force atau dapat diartikan sebagai suri tauladan. Cerminan mahasiswa yang bermoral dan berkarakter, akan membawa perubahan yang baik. Peran mahasiswa sebagai social control atau dapat juga diartikan sosok yang turut andil membantu sebagai pengontrol sosial dalam masyarakat.

Setiap manusia pastinya dituntut untuk menjadi individu yang tangguh. Begitu juga bagi seorang mahasiswa yang berperan sebagai seorang iron stock atau dalam artian lain yakni generasi yang tangguh. Maka dari itu, sebagai seorang mahasiswa seharusnya mempersiapkan diri menjadi pribadi individu yang tangguh dan siap membawa perubahan yang lebih baik Peran selanjutnya yakni mahasiswa sebagai guardian of value atau dapat diartikan menjadi penjaga nilai. Maksud dari penjaga nilai ini merujuk pada mahasiswa yang mampu berpikir secara logis maupun ilmiah dan dapat mengetahui kemudian memahami kebenaran dari fakta yang ada terdapat pada permasalahan-permasalahan baik yang terlihat maupun tertutup dari masyarakat. 

Langkah pertama kita untuk mewujudkan peran scara nyata sebagai seorang mahasiswa yakni mahasiswa memerlukan kesadaran akan kondisi politik yang ada dalam kehidupan berbangsa. Langkah selanjutnya yakni mahasiswa harus ikut turut andil terlibat masuk ke dalam organisasi yang mengemban visi misi yang baik namun tidak meninggalkan tugas-tugas atau keperluan kuliah. Selain itu, mahasiswa juga memerlukan wawasan yang luas sebagai bekal untuk kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline