Lihat ke Halaman Asli

Wilda KhoirunNisa

Secukupnya perihal apapun

7 Hal Yang Menjadi Normal Saat Berpergian Kala 'New Normal'

Diperbarui: 13 Juni 2020   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber www.pexels.com

Hampir berbulan-bulan belakangan ini dunia sedang menghadapi pandemi covid-19. Hal ini sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan, mulai dari bidang ekonomi, pendidikan hingga ‘terpaksa’ harus merubah juga gaya hidup masyakat. Jika jauh sebelum adanya pandemi ini masyarakat dengan mudahnya berpergian tanpa masker, berjabat tangan setiap bertemu orang dan melakukan segala aktivitas diluar ruangan. 

Namun karena adanya penyakit yang dianggap berbahaya ini maka segala protokol kesehatan harus dilakukan, mulai dari perlengkapan hingga hal-hal yang harus dibawa. Berikut ini 7 hal yang harus diperhatikan saat  berpergian dimasa new normal.

1. Siapkan Cairan Pembersih

Sudah jelas pandemi ini melibatkan virus yang terus menyebar ke seluruh dunia. Salah satu yang bsa mencegah tertularnya virus ini adalah saat virus mampu dihadang sehingga tidak sampai masuk ke dalam tubuh. WHO merekomendasikan untuk rajin cuci tangan dengan air mengalir dan juga sabun. 

Namun jika kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut maka bisa menggunakan Hand Sanitizer. Cairan pembersih ini dimasa new normal ini menjadi salah satu andalan dan harus dipenuhi saat bepergian. Jadi, pastikan sudah menyediakan di tas Anda sebelum bepergian.

2. Membawa Masker 

Virus ini menyebar melalui doplet yang terjadi antara orang yang sakit atau pembawa virus kepada orang yang sehat. Oleh karenanya menggunakan masker menjadi salah satu hal normal dimasa new normal ini. Memang diawal persebaran virus ini WHO merekomendasikan pemakaian masker hanya untuk yang sakit saja.

Namun semakin merajalelanya virus ini, maka anjuran terbarunya adalah penggunaan masker untuk setiap orang yang berada di area umum, tempat-tempat terbuka dan saat harus bertemu dengan orang. Hal tersebut tentunya untuk mencegah penularan virus ini.  

Selain itu pastikan juga tidak hanya membawa satu masker namun usahakan membawa 2-3 masker cadangan. Hal itu sebagai antisipasi saat masker sudah terlalu lama digunakan atau tidak sengaja basah dan lain-lain.

3. Tetap Jarak Antar Orang Lain

Menjaga jarak sudah menjadi salah satu hal yang menjadi protokol kesehatan saat menghadapi pandemi ini. Masyarakat sudah tidak lagi asing dengan istilah sosial distancing atau physical distancing untuk saat ini. Memberikan jarak kurang lebih 1 meter memang dirasa menjadi salah satu cara untuk memutus penyebaran virus pada penyakit covid-19 ini.

4. Jangan Lupa Sediakan Tisu Basah Ataupun Tisu Kering Dalam Tas

Salah satu hal yang akan menjadi normal dimasa new normal ini adalah keberadaan tisu didalam tas Anda, baik itu tisu kering ataupun tisu basah. Kegunaan tisu kering berfungsi sebagai pengering setelah mencuci tangan. Jadi pastikan sebelum menyentuh area wajah.

Sedangkan penggunaan tisu basah diperuntukkan untuk membersihakan permukaan pada benda mati yang tadi Anda bawa ke luar ruangan. Misalnya tas atau handphone Anda. Pasalnya pada setiap helai tisu basah telah memiliki kandungan alkohol jadi sangat cocok sebagai bentuk penstrerilan benda mati milik Anda.

5. Membawa Dari Rumah Wadah Minum Pribadi, Tak Masalah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline