Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Komunikasi di dalam Sebuah Tim Olahraga Futsal

Diperbarui: 13 Januari 2024   05:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENTINGNYA KOMUNIKASI DI DALAM SEBUAH TIM OLAHRAGA FUTSAL
 
Wildan Defulloh.
23010400095
wdefulloh@gmail.com
Ilmu Komunikasi
 
Abstract
Communication is an important factor in a sports team, especially futsal, it affects the success and cohesiveness of the team. This research aims to study the importance of communication in futsal sports teams and how good communication between coaches and players can affect team performance in matches. The research methods used include direct observation of the futsal team, interviews with coaches and players, and desk research on the importance of communication in sports teams. The results showed that good communication in a futsal sports team is very important for a successful match. Factors that affect communication in a futsal team such as unclear intonation, voice volume or clearly conveyed messages must also be considered and resolved so that clear communication can continue without any obstacles.
Keywords: Communication, Sport, Futsal, Coach, Player, Success, Match.
 
Abstrak

Komunikasi merupakan faktor penting dalam sebuah tim olahraga khususnya futsal, hal ini mempengaruhi keberhasilan dan kekompakan tim. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pentingnya komunikasi dalam tim olahraga futsal dan bagaimana komunikasi yang baik antara pelatih dan pemain dapat mempengaruhi performa tim dalam pertandingan. Metode penelitian yang digunakan antara lain observasi langsung terhadap tim futsal, wawancara dengan pelatih dan pemain, serta desk riset tentang pentingnya komunikasi dalam  tim olahraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang baik  dalam sebuah tim olahraga futsal sangat penting untuk suksesnya pertandingan. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi  dalam  tim futsal seperti intonasi yang tidak jelas, volume suara atau pesan yang tersampaikan dengan jelas  juga harus diperhatikan dan diselesaikan agar komunikasi yang jelas dapat berlanjut tanpa ada kendala.

Kata Kunci : Komunikasi, Olahraga, Futsal, Pelatih, Pemain, Keberhasilan, Pertandingan.

Copyright (c) 2024 Wildan Defulloh

Email Address: wdefulloh@gmail.com (Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten)

Pendahuluan

Komunikasi dalam berolahraga tentunya sangat dibutuhkan dalam sebuah tim atau kelompok agar bisa memberikan intruksi sesuai yang dibutuhkan serta sebagai dorongan lebih antara pelatih dan pemain. Olahraga memiliki aktivitas untuk melatih tubuh setiap individu serta menjaga kebugaran tubuh serta fikiran. Tidak hanya secara jasmani tetapi secara rohani dengan berkomunikasi secara langsung satu sama lain antar individu. Bidang olahraga yang dilakukan biasanya merupakan hobi yang digemari dari setiap individu tersebut.

Sebagai salah satu unsur yang berpengaruh dalam kehidupan manusia olahraga terutama futsal telah ikut berperan dalam mengharumkan nama daerah, bangsa maupun negara baik melalui kompetisi tingkat nasional dan internasonal. 

Olahraga Futsal salah satunya yang sangat menarik perhatian lebih, karena futsal mempunyai ciri khas yaitu cepat, dinamis serta setiap pemain dibutuhkan kekuatan, fisik dan fikiran tanggap karena bola yang dimainkan bergulir secara cepat dari kaki ke kaki. Pada permainan futsal perubahan situasi saat bermain dilapangan sangat cepat dan dibutuhkan kemampuan komunikasi langsung yang baik untuk membuat keputusan tepat dan benar dalam waktu yang telah ditentukan.

Perkembangan olahraga pada akhir-akhir ini semakin pesat, khususnya pada olahraga futsal dimana olahraga ini telah meluas ke seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. berdasarkan analisis dari latar belakang yang telah saya paparkan diatas tersebut maka saya menggunakan  "Pentingnya Komunikasi di Dalam Sebuah Tim Olahraga Futsal" sebagai judul yang saya tentukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline