Lihat ke Halaman Asli

Rahmania

Mahasiswa

Teori lev vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial kognitif

Diperbarui: 30 Januari 2025   03:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori perkembangan sosial dan kognitif dari Lev Vygotsky dan Jean Piaget merupakan dua pendekatan utama dalam memahami bagaimana individu belajar dan berkembang. Keduanya memiliki pandangan yang berbeda, tetapi sama-sama memberikan kontribusi besar dalam psikologi perkembangan.

1. Teori Lev Vygotsky: Teori Sosial-Budaya

Vygotsky menekankan bahwa perkembangan kognitif dan sosial individu sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya.

Konsep Utama:

Interaksi Sosial

Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif terjadi melalui interaksi sosial dengan orang yang lebih berpengetahuan (misalnya, orang tua, guru, atau teman sebaya).

Anak belajar melalui dialog dan pengajaran yang diberikan oleh lingkungannya.

Zona Perkembangan Proksimal (Zone of Proximal Development / ZPD)

ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak sendiri (tanpa bantuan) dan apa yang dapat dicapai dengan bantuan dari orang lain.

Contoh: Seorang anak yang belum bisa membaca sendiri tetapi dapat melakukannya dengan bantuan guru berada dalam ZPD.

Scaffolding

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline