Teori perkembangan sosial dan kognitif dari Lev Vygotsky dan Jean Piaget merupakan dua pendekatan utama dalam memahami bagaimana individu belajar dan berkembang. Keduanya memiliki pandangan yang berbeda, tetapi sama-sama memberikan kontribusi besar dalam psikologi perkembangan.
1. Teori Lev Vygotsky: Teori Sosial-Budaya
Vygotsky menekankan bahwa perkembangan kognitif dan sosial individu sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya.
Konsep Utama:
Interaksi Sosial
Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif terjadi melalui interaksi sosial dengan orang yang lebih berpengetahuan (misalnya, orang tua, guru, atau teman sebaya).
Anak belajar melalui dialog dan pengajaran yang diberikan oleh lingkungannya.
Zona Perkembangan Proksimal (Zone of Proximal Development / ZPD)
ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak sendiri (tanpa bantuan) dan apa yang dapat dicapai dengan bantuan dari orang lain.
Contoh: Seorang anak yang belum bisa membaca sendiri tetapi dapat melakukannya dengan bantuan guru berada dalam ZPD.
Scaffolding