Lihat ke Halaman Asli

Pencak Silat yang Mendunia

Diperbarui: 18 Desember 2023   09:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


A. Pendahuluan
       Pencak silat merupakan kelompok masyarakat yang merupakan penduduk asli Indonesia dan wilayah Asia Tenggara lain nya. Kata pencak biasanya di gunakan oleh masyarakat pulau jawa , madura dan bali, sedangkan silat biasa di gunakan oleh masyarakat Indonesia lainya , maupun di malaysia , Singapura , Brunei Darussalam , waktu di bentuknya suatu organisasi persatuan dan perguruan pencak dan perguruan silat di Indonesia yang di berikan yang di beri nama Ikatan Pencak Silat Indonesia pada tahun 1948 di surakarta
 
B. Isi
     Pencak silat adalah suatu seni bela diri yang berasala dari Indonesia. Seni bela diri ini menyebar luas ke negara negara asia, seperti Malaysia , Brunei Darusallam , Filipina , Thailand dan Singapura. Di Indonesia sendiri terdapat induk pencak silat bernama IPSI. Pencak silat sendiri membutuhkan konsentrasi yang tinggi bagi yang melakukan nya. Setiap daerah memiliki ciri khas dan aliran pencak silat masing masing. Contoh daerah jawa barat terkenal dengan Cimande dan Cikalong. Di Jawa Tengah terkenal dengan Merpati Putih. Sedangkan di Jawa Timur terkenal dengan aliran perisai diri.
      Bermula dari nenek moyang terdahulu yang memiliki berbagai cara untuk melindungi diri dan mempertahankan hidupnya, akhirnya mereka menciptakan bela diri dengan gerakan yang menirukan hewan hewan di sekitar mereka. Contoh: kera, harimau, ular, burung elang. Bela diri sendiri dapat berkembang dari keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam berperang menggunakan parang, perisai, dan tombak. Bela diri juga sudah ada sejak zaman kerajan-kerajaan besar, seperti kerajaan sriwijaya dan majapahit, di mana memiliki pendekar yang kuat dan dapat di andalkan. Menurut peneliti silat Donald F. Draeger, untuk mengetahui sejarah silat di masa kuno dapat di ketahui dari artefak-artefak klasik (Hindu-Budha), serta relief-relief yang bergambarkan sikap kuda-kuda silat yang ada di candi Prambanan dan Borobudur.Menurut pendapat lain silat juga bisa di bawakan oleh pedagang-pedagang maupun perantau dari India, Cina, dan mancanegara lainnya.
       Melihat perkembangan pencak silat yang sangat pesat maka di perlukannya organiasai pencak silat yang bersifat nasional. Yang juga dapat mengikat aliran-aliran pencak silat yang ada di Indonesia . Pada tanggal 18 Mei 1948, terbentuklah ikatan pencak silat tertua yaitu IPSI. Beberapa organiasai silat mulai tumbuh dengan pesat. Seperti di Asia, Amerika Serikat, dan Eropa. Pencak silat kini sudah masuk ke dalam olahraga resmi di pertandingan internasional, khusus nya pertandingan SEA Games.
       Seni dalam pencak silat, seni adalah segenap kegiatan budi pikiran seorang (seniman) yang mahir menciptakan suatu karya. The Liang  Gie (1996) menjelaskan ciri-ciri pokok seni tersebut yaitu:
1. Seni bersifat kreatif
2. Seni bercorak individualitas
3. Seni sebagai ekspresif
4. Seni adalah abadi , dapat hidup sepanjang masa
Seni bersifat semesta : bekembang di seluruh dunia dan sepanjang waktu. Seni pada prinsip nya tumbuh untuk membuat manusia berbudi luhur dan menciptakan sesuatu yang indah.
Seni juga mempunyai peran penting di kehidupan manusia untuk mengandakan kontak yang lebih tinggi dari pada manusia yaitu dengan yang transendetal. Manusia menciptakan seni sebagai bukti beribadah kepada Tuhan. Seni juga berkaitan dengan ketaatan manusia kepada yang Maha Kuasa.
Dick Hartoko menjelaskan bahwa seni merupakan suatu inspirasi.
        Teknik dasar pencak silat, dalam pencak terdapat tahap atau tingkat kemahiran yaitu:
1. Sikap salam dan sikap doa, sikap ini digunakan untuk memulai dan menutup meminta kelancaran dan keselamatan kepada Tuhan.
2. Sikap berdiri tegap menghadap kedepan kedua tangan di samping dada dan tumit rapat membentuk sudut 90 derajat.
3. Sikap kuda-kuda pedoman pada sikap kuda-kuda yaitu memperlihatkan sikap dari kedua kaki dalam keadaan tidak bergerak dari bentuk kuda-kuda di bagi menjadi 4 jenis:
a. Kuda-kuda depan
b. Kuda-kuda belakang
c. Kuda-kuda tengah
d. Kuda-kuda samping
4. Sikap pasang , adalah sebuah taktik untuk menghadapi lawan yang ber pola menyerang atau menyambut , macam-macam sikap pasang sebagai berikut:
a. Sikap pasang satu, yakni kuda-kuda tengah menghadap ke samping dengan pandangan ke depan dan posisi kaki yang segaris .
b. Sikap pasang dua, yakni dengan kuda-kuda serong .
c. Sikap pasang tiga, yakni kuda-kuda samping
d. Sikap pasang ke empat , yakni dengan kuda kuda depan
e. Sikap pasang lima , yakni dengan kuda kuda tengah seliwa
Aspek dan bentuk pencak silat yaitu :
a. Aspek Mental dan spiritual
b. Aspek seni budaya
c. Aspek seni bela diri
d. Aspek olahraga
 
Manfaat adanya pencak silat yang dapat di peroleh dalam olahraga yaitu:
a. Kesehatan dan kebugaran
b. Membangkitan rasa percaya diri
c. Melatih ketahanan mental
d. Membangun kewaspadaan diri yang tinggi
e. Disiplin dan keuletan yang lebih tinggi
 
C. Kesimpulan
Pencak silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini secara luas lebih terkenal di negara-negara Asia maupun Eropa. Terbukti banyaknya organisasi-organisasi yang tumbuh pesat seperti : PERSILAT di Indonesia , IPSI , PESAKA di Malaysia.
Berkembangnya pencak silat tidak terlepas dari sejarah awal mula nya bediri pencak silat. Dari awal nenek moyang kita yang berjuang memperjuangankan diri dari ancaman dan tantangan alam , kerajaan-kerajaan yang memiliki pendekar yang tangguh, pahlawan nasional bangsa Indonesia seperti pangeran diponesgoro yang melawan penjajah, sampai pada akhirnya berkembang seiring jaman.
Pencak silat merupakan warisan yang patut untuk terus di jaga dan di kembangkan, maka sepatut nya kita harus terus menjaga dan melestarikan, mengembangkan pencak silat.
 
DAFTAR PUSTAKA
Djoemali, Ki Moh. 1985Pencak Silat dan Seni Budaya. Yogyakaria : Kementerian P & K.
Kiong, Liem Yoe1960Teori Ilmu SilatBandung: Universitas Padjadjaran. Saleh. 1992Pencak SilatBandung: FPOK UPITisnowatitamat. 1982Pelajaran Dasar Pencak Silat. JakartaMiswarWongsonegoro1982Pencak Silat. Yogyakarta: IPSI. Zulkifli, Dede. 2003Kreatif Dengan Pencak Silat. Bandung: Informatika
Amin, Muhammad. Rangkuman Tentang Olahraga Pencak https://www.scribd.com/document/2017/3/28/Rangkuman-Tentang- Olahraga-Pencak-Silat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline