Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Potensi Kewirausahaan, Mahasiswa PMM kelompok 96 gelombang 2 (UMM) Terjun Langsung ke Panti Asuhan LKSAP Aisiyah Kota Batu

Diperbarui: 19 Oktober 2023   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret: Foto bersama warga panti asuhan LKSAP Aisiyah kota Batu/Dokpri

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar suatu perguruan tinggi. Pengabdian masyarakat adalah kegiatan yang dilakukan guna membantu permasalahan permasalahan yang terjadi dilingkungan masyarakat. Dengan melakukan aktivitas yang dapat memajukan kesejahteraan maupun pengetahuan masyarakat tersebut.

kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. Tujuan Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok 96 gelombang 2 pada hari Minggu, 6 Agustus 2023 sampai hari Rabu, 9 Agustus 2023. PMM ini beranggotakan 5 orang, yaitu Faqih Muckhlisi, Wildan Akbar Tahaditya, Rio Oktava Aryananda, Jose Ibrani, Johar Jalu Prakosa yang berasal dari prodi Peternakan. Serta dosen pembimbing Ns. Zaqqi Ubaidillah, M.Kep, Sp.Kep.MB.

Lokasi PMM dilaksanakan di LKSAP Aisyiyah Kota Batu yang berlokasi di Jl. Ir. Soekarno gang II No. 4, Dadaprejo, Junrejo, Kota batu  yang memiliki tempat strategis untuk mendirikan usaha khususnya usaha pengolahan ternak ayam. Penjualan nugget dan keripik ceker akan mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar dan bahan yang relatif murah bisa di kelola oleh anak panti. Masih sedikitnya usaha pengolahan hasil ternak khususnya keripik ceker juga menjadi pemicu untuk kita mengajarkan kewirausahaan dan pengolahan hasil ternak ayam.

Potret: pengenalan kewirausahaan bersama adik adik panti asuhan bersama kelompok 96 gelombang 2/Dokpri

Kegiatan yang dilakukan oleh 5 mahasiswa ini adalah dengan melakukan pengenalan Kewirausahaan tentang pengolahan hasil ternak khususnya ternak ayam bisa di kembangkan oleh para anak panti agar bisa menambah nilai jual bagi panti tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan siswa dengan menumbuhkan jiwa yang tangguh dan kompetitif dalam melakukan suatu usaha, sehingga siswa lebih diajarkan untuk mencari peluang dalam menuju sukses.

Langkah pertama dalam melakukan kegiatan PMM adalah melakukan persiapan antara lain ialah survei dan observasi lokasi, Langkah selanjutnya yaitu perancangan program kerja  dengan penyesuaian hasil survey dan observasi sehingga dapat memberikan program kerja sesuai dengan kondisi panti. Memberikan surat izin PMM kepada Kepala panti asuhan LKSA Aisiyah yang di berikan oleh pihak universitas kepada panti untuk permohonan izin dan bahan pertimbangan dalam pelaksanaan PMM serta pemaparan program program kerja. 

Setelah persiapan matang beranjak ke langkah kedua, adapun langkah selanjutnya adalah mempersiapkan beberapa hal penting yang dapat menunjang pelaksanaan kegiatan seperti persiapan sosialisasi, persiapan penyampaian materi dan persiapan praktik, tahap kedua ini persiapan yang dilakukan lebih ke ranah gerak program kerja yang telah di susun  pada langkah selanjutnya, pada langkah ini pula perlengkapan dan juga alat maupun bahan yang dibutuhkan di persiapkan dengan baik, Setelah itu langkah selanjutnya atau langkah ketiga  yaitu proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat serta pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tugas dari masing masing.

Potret: Foto besama warga panti asuhan LKSAP Aisiyah Kota Batu/Dokpri

itulah kegiatan PMM yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 96 gelombang 2. Diharapkan kegiatan yang telah dilakukan dapat menimbulkan banyak manfaat dan kemudahan bagi masyarakat.

   




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline