Lihat ke Halaman Asli

Wilda Hurriya

HR & Marketing Executive

Tiga Aksi Menuju Resolusi 2017

Diperbarui: 21 Desember 2016   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi : fotolia.com

Resolusi memang selalu menjadi tema kekinian saat momen tahun baru. Namun sejatinya, sebuah perubahan itu lebih baik dilakukan sekarang juga, disaat sebuah niat untuk memperbaiki diri itu muncul. Karena hal yang penting dalam sebuah perubahan bukanlah waktu atau wacana, tetapi tindakan. 

Anggaplah, sebuah momen juga merupakan unsur penting dalam pembuatan resolusi. Maka di penghujung tahun seperti ini, sebaiknya kita sudah melakukan persiapan. Dari sekian banyak persiapan, ada setidaknya tiga aksi dasar penting yang wajib Anda lakukan.

1. TULIS TARGET-TARGET ANDA DAN PAJANG

Target-target dalam resolusi diri ada beberapa kategori. Ada target dalam pencapaian sesuatu, misalnya ingin memiliki rumah sendiri, ingin menikah, melaksanakan ibadah umrah, dan lain sebagainya. Ada juga target dalam kebiasaan sehari-hari, misalnya ingin merubah kebiasaan bangun siang menjadi bangun pagi, ingin hidup lebih sehat dengan olahraga rutin, berhenti merokok, dan lain sebagainya. Dan target untuk melakukan sesuatu yang baru, misalnya sesekali ingin panjat tebing, atau mungkin keliling Asia. 

Apapun target Anda, Tuliskanlah! Tulis di sebuah lembar kertas dan pajang ditempat yang mudah dilihat. Jangan tulis di buku harian, yang buku tersebut kalian simpan di lemari dan di kunci. Kesibukan anda tidak terasa akan menjajah resolusi diri yang sudah anda buat sendiri. Tulislah resolusi diri Anda dan pajang di kamar Anda. Anda bisa juga menggambarnya ke dalam sebuah tabel.

2. RUMUSKAN HAL YANG MENDUKUNG TARGET

Tulis juga hal-hal yang diperlukan dalam mendukung tercapainya target anda. Hal yang mendukung ini bisa dalam bentuk yang terlihat (fisik) dan yang tidak terlihat (non fisik). Hal pendukung fisik seperti uang, alat, tempat, dan lain-lain. Sedangkan pendukung non fisik seperti wawasan, ilmu, pengalaman dan lain-lain. Jika perlu tuliskan juga orang-orang yang bisa membantu tercapainya target

Yang penting untuk diperhatikan disini adalah kita mengetahui mana target yang bisa dikejar dalam waktu dekat dan mana yang membutuhkan waktu lebih panjang. Dalam membuat resolusi diri sebaiknya dimulai dari hal-hal yang sederhana yang terdekat dengan kita. Jangan buat resolusi yang terlalu jauh dari pencapaian kita yang sekarang. Bersabarlah, semua ada waktunya.

3. SEGERA BERTINDAK 

Seperti yang saya katakan diawal, Semua resolusi diri yang Anda buat tidak penting tanpa sebuah tindakan. Tanpa tindakan, semangat yang ada pada resolusi yang dibuat akan segera hilang dimakan waktu dan berjuta alasan sibuk kita. Buang semua alasan, dan segera bertindak.

Meskipun Jika waktu dalam resolusi Anda adalah di tahun 2017, dan saat ini kita masih berada di bulan terakhir tahun 2016. Jika ada yang bisa dilakukan saat ini juga, lakukanlah. Misalkan, 2017 Anda menargetkan untuk hidup lebih sehat dengan berolahraga rutin. Lakukanlah perlahan saat ini juga, di minggu-minggu terakhir bulan ini, coba lakukan langkah kecil terlebih dahulu dengan jogging di sekitar kompleks mungkin. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline