Lihat ke Halaman Asli

Apa yang Perlu Dikembangkan?

Diperbarui: 20 Juni 2015   03:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Assalamualaikum Wr.Wb kawan !!!

Pada ulasan artikel ini, saya akan membahas tentang komponen program Pendidikan Anak Usia Dini, Selamat Membaca dan semoga bermanfaat !!!

Secara umum komponen program PAUD meliputi pokok bahasan seperti: kompetensi anak usia dini yang harus dikembangkan, Kurikulum, materi kegiatan, pelaksanaan kegiatan, tempat kegiatan, proses pembelajaran, media pembelajaran, buku administrasi PAUD.

1.Kompetensi anak usia dini yang haru di kembangkan meliputi :

-Nilai Moral dan Nilai Keagamaan. Misalnya : Disiplin, kemandirian, kejujuran, penguasaan terhadap doa sehari-hari dan sebagainya.

-Fisik/Motorik. Pendidik harus mampu merangsang perkembangan fisik dan motorik anak sesuai dengan usia perkembangannya.

-Sosial dan Emosional. Anak dididik untuk dapat mengembangkan kemampuan sosial melalui proses sosialisasi.

-Bahasa. Anak didorong untuk menguasai kemampuan berkomunikasi sesuai dengan masa perkembangannya.

-Kognitif. Perkembangan kognitif anak biasanya terbagi menjadi empat tahapan, yaitu periode  sensorimotorik (usia 0-2 tahun), periode praoperiosaional (2-7 tahun), periode operasional konkrit (7-11 tahun) dan periode operasional formal (usia 11 sampai dewasa).

-Seni. Kemampuan di bidang seni dapat dikembangkan dalam musik, seni tari, seni gambar dan keterampilan lainnya.

2.Kurikulum PAUD

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan belajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan.

3.Pembelajarn

Pembelajaran dilakukan melalui kegiatan bermain dan pembiasaan yang direncanakan dan persiapkan pendidik meliputi materi dan proses pembelajaran itu sendiri.

4.Penilaian (Assesmen)

Kegiatan ini meliputi observasi, konferensi dengan guru lain, survey, wawancara dengan orang tua, hasil kerja anak dan unjuk kerja. Kesemua bentuk penilaian tersebut dapat disusun dalam bentuk portofolio.

5.Pengelolaan Pembelajaran

Dalam mengelola pembelajaran, PAUD harus memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut:Keterlibatan anak, Layanan program, yang disesuaikan dengan satuan pendidikan masing-masing, Kegiatan insidental/semester/Tahunan.

6.Administrsi PAUD

Untuk menunjang proses pembelajaran, diperlukan beberapa buku administrasi.

7.Melibatkan peran serta masyarakat

Dalam hal ini, kegiatan PAUD hampir seluruhnya dikelola oleh swasta (masyarakat). Yang perlu dikembangkan adalah peran masyarakat secara umum di lingkungan PAUD itu berada, di mana sebagai lembaga non-formal, PAUD membutuhkan dukungan dari semua komponen masyarakat.

Cukup Sekian dan Terimakasih !!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline