Lihat ke Halaman Asli

Wilda Febriyanti

Mahasiswa Universitas Negeri Padang

Life Skill Education dalam Menghadapi Era Digital

Diperbarui: 21 November 2022   17:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam menghadapi era digital individu seharusnya telah memiliki life skill atau yang lebih dikenal dengan kecakapan hidup. Hal ini dibutuhkan dengan alasan life skill dijadikan sebagai kewajiban yang seharusnya sudah dimiliki oleh semuanya, tidak terkecuali dengan siapa pun. Tantangan masa depan di era digital dengan persaingan yang masih ketat dan bersifat mendunia. 

Tentu ada yang dipersiapkan untuk tantangan era digital ini, termasuk peningkatan kualitas hidupnya yang kemudian akan menjadi kompetisi antara dirinya dengan individu lain untuk beradaptasi dengan perkembangan di masa depan. 

Tentunya dengan kemajuan zaman di era digital sekarang, kecakapan hidup yang diperlukan dapat diperoleh dalam dunia pendidikan. Sulit untuk mengembangkan kecakapan hidup ini tanpa mengasahnya, yang tidak mengarah pada perkembangan kecakapan hidup itu sendiri.

Tapi apa arti keterampilan hidup itu sendiri? Tentu saja life skill yang sebagian orang tidak tahu atau tidak tahu sama sekali, sehingga tidak bisa mencapai potensi maksimalnya. Berbicara tentang kecakapan hidup, tidak dapat dipisahkan dari kemampuan menghadapi dan memecahkan masalah dan tantangan hidup di era digital. 

Padahal life skill itu sendiri tidak lahir begitu saja, tetapi merupakan sesuatu yang merupakan keterampilan atau kemampuan yang dapat diciptakan dan dikembangkan menjadi suatu keterampilan. 

Dengan kata lain, setiap orang harus dapat memperoleh dan memiliki keterampilan dalam hidupnya. Namun, dengan era digital yang dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan merupakan salah satu hal terpenting yang dibutuhkan, yang dapat diikuti individu pada waktunya untuk menghadapi untuk menghadapi canggihnya teknologi.

Personal Skills (Kecakapan Hidup) yang dibutuhkan di era digital merupakan keterampilan atau kemampuan yang mutlak dibutuhkan oleh banyak orang. 

Di era digital tentunya kemampuan tersebut akan sangat dibutuhkan, apalagi pengembangan teknis yang harus dikelola juga harus dilakukan dengan benar. 

Perilaku yang terkandung dalam keterampilan ini berkaitan dengan keterampilan individu atau personal, yaitu pemahaman diri atau pengetahuan diri dan keterampilan berpikir seseorang. Karena bergerak maju membutuhkan perilaku yang baik dan kemampuan mempertanyakan kemajuan teknologi secara kritis.

Kecakapan hidup profesional adalah kecakapan atau kemampuan yang nantinya harus dikuasai. Ketrampilan ini adalah ketrampilan atau kemampuan yang diasosiasikan seseorang dengan bidang atau bagian yang berbeda dari tugas yang ada yang memerlukan kemampuan motorik dan fisik orang tersebut dalam masyarakat. 

Ada dua jenis keterampilan kerja, yaitu keterampilan kerja dasar dan keterampilan kerja khusus. Keterampilan profesional dasar adalah keterampilan dalam mengolah berbagai media sederhana, yang kemudian digunakan sesuai dengan tugasnya. Kompetensi profesional khusus dalam diri mereka adalah keterampilan yang dibutuhkan oleh seseorang yang bekerja sebagai bagian dari pekerjaannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline