Lihat ke Halaman Asli

Wilda Fajriani

Mahasiswi Universitas Pamulang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Ekonomi

Peran Interaksi Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar

Diperbarui: 16 Desember 2024   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Teman sebaya adalah kelompok sosial yang terdiri dari orang-orang yang relatif seumuran dan mempunyai kesamaan minat, hobi, atau karakteristik lainnya. Interaksi teman sebaya dapat mempengaruhi kualitas belajar siswa di sekolah, ketika siswa berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah, mereka berinteraksi secara intens dengan orang-orang yang seumuran dan berstatus sosial yang sama secara teratur. Interaksi sosial merupakan suatu proses yang dinamis dan berkesinambungan yang melibatkan dua orang atau lebih, selama interaksi individu saling mempengaruhi, bertukar pengalaman, dan membangun saling pengertian. Lingkungan sosial di dalam kelas seringkali menghambat proses pembelajaran, banyak siswa yang membiarkan temannya mempengaruhinya dengan menunda atau  tidak menyelesaikan tugasnya, atau dengan mengganggu temannya saat belajar. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh individu dalam proses belajar dan pendidikan. Prestasi belajar dapat diukur melalui berbagai cara, seperti nilai atau skor yang diperoleh dalam tes atau ujian.

Interaksi dengan teman sebaya memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajara siswa. Dalam lingkungan belajar, teman sebaya sering kali menjadi sumber dukungan dan motivasi ketika siswa berinteraksi satu sama lain, mereka dapat berbagi pengetahuan, mendiskusikan materi pelajaran, dan saling membantu  menyelesaikan tugas. Proses ini tidak hanya memperkuat pemahaman konsep yang diajarkan di kelas, namun juga meningkatkan rasa percaya diri untuk mengemukan pendapat dan bertanya, ketika siswa merasa didukung oleh temannya, mereka akan lebih termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar mereka. 

Selain itu, interaksi sosial dengan teman sebaya juga berkontribusi terhadap pengembangan keterampilan sosial dan emosional yang penting untuk keberhasilan dalam proses pembelajaran dengan bekerja sama dalam kelompok belajar dan berdiskusi, siswa belajar  bekerja sama, menghargai pendapat orang lain, dan menyelesaikan konflik. Keterampilan ini berguna tidak hanya  di  sekolah tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Hubungan yang baik antar siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman dan produktif, yang pada akhirnya berdampak positif pada prestasi belajara siswa.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline