Lihat ke Halaman Asli

Wilchan Robain

Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Manajemen Strategi Pemasaran (MBKM Studi Independen) dengan Format Jemput Bola Promosi UNPAB Medan Ke Kecamatan Pancur Batu dan Kutalimbaru

Diperbarui: 19 Agustus 2024   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Penulis

Debutan yang akan tercatat dalam tinta sejarah dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tehnologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim beserta jajarannya adalah dengan program Kampus Merdeka untuk jenjang pendidikan tinggi  sedangkan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dinamakan dengan Merdeka Belajar untuk. Program Kampus Merdeka berisikan beberapa jenis kegiatan antara lain: Magang Bersertifikat, Studi Independen, Kampus Mengajar, Indonesian International Student Mobility Award (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian dan Wirausaha.

Program yang sangat baik untuk mengakselari kemampuan mahasiswa dan bisa langsung adaptasi dengan kenyataan dunia di luar kampus. Besar harapan program ini dapat berlanjut pada pemerintahan yang akan datang jangan sampai pameo ganti menteri ganti kebijakan terjadi lagi.

Keilmuan yang digunakan pada kegiatan ini adalah Ilmu Manajemen Pemasaran dengan sub temanya adalah Manajemen Strategi Pemasaran.

Menurut (Sofyan Assauri, 2007) Manajemen Strategi Pemasaran adalah rencana menyeluruh, terpadu, dan menyatu di bidang pemasaran yang memberikan pedoman tentang kegiatan yang akan dilakukan dalam mencapai tujuan perusahaan melalui periklanan, program promosi, penjualan, program produk, dan pendistribusian. (Buchari Alma, 2008) berpendapat strategi pemasaran merupakan pilihan dan analisa pasar dan sasarannya merupakan kelompok orang yang ingin dituju oleh perusahaan atau institusi sehingga tercipta singgungan pemasaran yang tepat dan tentunya memuaskan sasaran pasar.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UNPAB Medan Prodi Manajemen yang mana kami telah ditunjuk sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) adalah MBKM Studi Independen.

Pengertian dari MBKM Studi Independen adalah Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah dan mendapatkan kemampuan, pengetahuan dan sikap di dunia industri dengan metode kerja dan belajar secara on the spot dalam proyek atau permasalahan yang lebih nyata.

Tugas dari DPL adalah bagaimana kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal yaitu mahasiswa mendapat nilai "A" dalam mata kuliah ini.

MBKM Studi Independen ini maka kami bermitra dengan BKPH UNPAB Medan yang khusus menjalankan program promosi penerimaan mahasiswa baru ke luar daerah Kota Medan. Dan mahasiswa kami ditugaskan untuk menyebarkan brosur, pemasangan spanduk dan flyer, leaflet serta membuat even kegiatan di setiap desa pada Kecamatan Pancur Batu dan Kutalimbaru.

Tehnik yang dijalankan oleh para mahasiswa kami dengan format jemput bola. Adapun format jemput bola atau lebih dikenal dengan Personal Selling adalah sebuah cara yang mana para pensupply jasa berinteraksi atau mendatangi langsung konsumennya. Strategi ini cukup efektif, karena para pelaku usaha bisa mendekatkan perusahaannya dengan nasabah dan memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk memenuhi kebutuhannya.

Menurut (Buchori Alma, 2007) personal selling adalah "Presentasi lisan dalam percakapan dengan para pembelian lebih prospektif untuk tujuan membuat penjualan".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline