Lihat ke Halaman Asli

Wila Yurnita

Mahasiswi universitas Jambi prodi administrasi pendidikan

Minimnya Sarana dan Prasarana Menghambat Perkembangan dan Prestasi pada Siswa yang Berada di Desa

Diperbarui: 6 April 2022   09:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Minimnya sarana dan prasarana menghambat perkembangan dan prestasi pada siswa yang berada di desa

Indonesia adalah salah satu yang sangat mementingkan pendidikan , pendidikan juga menjadi gerbang utama untuk menciptakan karakter dan juga kualitas diri pada anak.  

Untuk menciptakan anak yang berkualitas dan berkarakter tentunya membutuhkan sekolah yang mampu menciptakan hal tersebut. Dan untuk menciptakan hal itu sekolah tentunya harus memiliki sarana dan prasarana yang cukup dalam mendukung perkembangan siswa dan sarana yang mampu membuat siswa nyaman dalam belajar sehingga hal ini menambah minat siswa untuk belajar.ini juga menjadi salah satu alasan mengapa pendidikan di Indonesia masih sangat rendah di bandingkan dengan pendidikan yang ada di luar.

Permasalahan yang masih kita rasakan sampai saat ini yaitu mengenai sarana dan prasarana yang masih sangat banyak sekolah-sekolah yang bahkan sangat kurang dari segi sarana dan prasarana ini. 

Masih banyak sekolah yang belum mampu menyediakan sarana dan prasarana yang mampu menopong pertumbuhan dari anak, sebabnya hal ini mengakibatkan tidak sedikit dari sekolah- sekolah masih tertinggal, terutama sekolah- sekolah yang berada di desa. 

Di desa masih sangat banyak sekolah yang masih sangat jauh dari perkembangan , hal ini juga bisa di sebabkan karena kurangnya perhatian dari pemerintah dan masyarakat sekitar sehingga tidak sedikit dari masyarakat yang menyekolahkan anaknya ke luar daerah bahkan ke luar kota. Karena orang tua beranggapan jika anak mereka sekolah di desa anak mereka akan mengalami ketertinggalan pendidikan dan tidak akan pernah berkembang karena minimnya sarana dan prasarana yang ada di sekolah- sekolah yang ada di desa.

Saya adalah salah satu anak yang berasal dari desa yang di mana sejak SMA kelas 1  saya pindah ke kota untuk bersekolah karena saya merasa jika saya masih melanjutkan sekolah di desa saya tidak akan berkembang.  Dan saya merasakan sendiri  perbedaannya  sangat signifikan antara pendidikan yang ada di desa dan pendidikan yang ada di kota. 

Ketika saya bersekolah di desa saya merasa saya tidak bisa melakukan apa- apa , karena memang tidak adanya di sediakan sarana dan prasarana di sekolah di desa tersebut, contohnya saja   seperti komputer, di desa saya sampai saat ini sekolah belum memiliki sarana seperti komputer yang mana seperti yang kita ketahui pada era sekarang teknologi itu sangat di butuhkan dan siswa di tuntut untuk bisa mengoperasikan komputer walaupun hanya dasarnya saja.. 

sangat berbeda dengan sekolah yang ada di kota ketika saya menempuh pendidikan di salah satu SMA di kota saya mendapat sarana seperti komputer, laboratorium dan lain sebaginya. Nah tentunya hal ini menajdi salah satu perbedaan yang membuat siswa di desa selalu  belum mampu bersaing dengan siswa yang berada di kota.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa dalam sebuah pendidikan itu sangat di butuhkan sarana dan prasarana dan untuk memenuhi dan mendapatkan sarana tersebut tentunya masyarakat juga harus ikut serta dalam mengembangkan pendidikan yang ada di desanya masing - masing agar siswa berminat untuk bersekolah di sekolah tersebut walaupun sekolah tersebut berada di desa, dengan adanya sarana dan prasarana juga tentunya akan menimbulkan semangat belajar dan dapat menjadikan siswa yang berkualitas karena tercukupnya sarana yang di butuhkan dan dapat meningkatan kualitas serta prestasi pada siswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline