Lihat ke Halaman Asli

wiko lasmawan

wiko lasmawan

Sejenak Rehat di Kota Seribu Cerita

Diperbarui: 27 April 2021   02:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Salah satu kota yang dapat menjadi pertimbangan baik untuk berlibur adalah Yogyakarta. Dengan setiap sudutnya yang mempersembahkan tempat tempat menarik nan indah bila dihampiri membuat Jogja makin mendapat posisi sebagai salah satu opsi tepat untuk dikunjungi. Terdapat banyak spot menarik yang pastinya instagramable untuk para remaja yang saying bila dilewatkan. "Yogyakarta menjadi termasyhur oleh karena jiwa kemerdekaan-nya. Hidupkan terus jiwa kemerdekaan itu". Sepenggal guratan itulah yang ditulis Sukarno pada tanggal 28 Desember 1949 di Lapangan terbang Maguwo, Yogyakarta. Tepat sehari setelah momen penyerahan kedaulatan Belanda ke Indonesia. Terlihat, begitu dalam kesan Sukarno pada masyarakat, yang rela menjadi benteng terakhir kemerdekaan Indonesia.

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar keempat di wilayah Pulau Jawa bagian selatan menurut jumlah penduduk. Kota Yogyakarta juga pernah menjadi ibu kota RI pada tahun 1946. Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram antara kurun tahun 1575--1640. Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Keraton Ngayogyakarta dan Puro Paku Alaman, yang merupakan pecahan dari Kesultanan Mataram. Pada masa revolusi, Yogyakarta juga pernah menjadi ibu kota Indonesia antara tahun 1946 hingga 1950.

Yogyakarta sudah menjadi ikon wisata budaya, pelajar dan juga seluruh SDA nya di Indonesia yang layak dinikmati oleh sejuta pesona baik pemandangan gunung, laut, maupun seluk beluk kota nya yang elok dipandang mata. Banyak wisatawan yang berucap bahwa Yogyakarta memiliki daya tarik romantisme disetiap sudutnya, membuat rindu bagi siapa saja yang sudah pernah menginjakan kaki di Yogyakarta. Tak jarang pula wisatawan memberikan komentar ingin pulang ketika melihat spot menarik yang ada di Yogyakarta karena daya tariknya yang katanya dapat menghilangkan dan atau mengobati luka lara dalam lubuk hatinya. Ketika pertama kali menginjakan kaki di sini, sejenak wisatawan akan terlupa dari segala kejenuhanya dalam menjalani hidup. Wisata yang akan disuguhkan oleh kota ini tak hanya didatangi oleh wisatawan local, melainkan juga mancanegara yang ingin berlibur dan merasakan suasana alam maupun hidangan yang ada akan disuguhkan dikotanya, mulai dari anak-anak hingga dewasa, mulai dari keluarga hingga instansi maupun pribadi.

Berbagai wisata yang dapat dikunjungi di Yogyakarta tak hanya wisata wisata alamnya, namun juga wisata budaya dan sejarahnya. Nantinya wisatawan akan disuguhkan banyak pilihan agen tour yang dimana mereka siap memberikan sebuah perjalanan nikmat yang disertai dengan segala kebutuhan pengunjung yang akan menghapus penat di kehidupanya. Dalam sebuah tour yang diberikan oleh beberapa pengemban usaha tersebut akan memberikan paket paket wisata menarik.

Dari paket paket yang menarik tersebut, kebanyakan wisatawan akan mengambil paket wisata dalam waktu 3 hari dua malam dengan harga terjangkau yang dibandrol 600K per hari atau 100K/orang. Yang dimana mereka akan diantar ke candi candi besar yang salah satunya menjadi keajaiban dunia yaitu Borobudur. Meskipun candi tersebut berada di magelang, namun tak luput juga menjadi rundown target wisata yang akan dikunjungi oleh mereka yang mengambil paket tersebut.

 Selain candi, wisatawan juga akan diantar ke museum museum, Kraton Jogja dan segala peninggalanya yang menjadi sejarah. Setelah banyak mengetahui sejarah dan budaya kota jogja, maka wisatawan akan diantar ke wisata daerah Kaliurang yang dimana tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi yaitu Lava Tour Merapi. Nantinya disana, mereka akan diberikan pula paket wisata untuk menikmati keindahan alam Merapi dan adapula trek yang dapat memacu adrenalin wisatawan sehingga riuh sorak triaknya akan menjadi kenangan yang susah dilupakan. Tak hanya wisata gunung, wisatawan juga akan diajak ke daeah Gunung Kidul yang terdapat banyak sekali spot wisata, mulai dari  pantai, pegunungan dan spot senja untuk mereka yang senang dengan pemandangan ini.

          Maka dari itu para wisatawan diharapkan juga untuk mencari sebuah penginapan disekitaran pusat kota, karena bagaimana pun tour and travel hanya memberikan paket paket wisata yang waktu nya sudah disesuaikan dengan jam kerja yang mereka inginkan. Tak lupa juga jangan melewatkan malam hari di sepanjang jalan malioboro, disana pengunjung akan disuguhkan dengan senyum kebahagiaan dari orang orang yang datang, terdapat banyak pula pusat perbelanjaan dari pakaian adat, makanan khas dan juga menikmati makan malam dengan nasi kucing yang disertai alunan musik dari pengamen jalanan yang bakatnya tak akan kalah dari Indonesia idol pastinya, semua akan terasa indah bila tak disertai luka yang kalian bawa, hehehehehe. Terimakasih...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline