Lihat ke Halaman Asli

M Abdulyusup

Mahasiswa

Konsep Teori Ekologi Bronfenbreneur

Diperbarui: 15 Juli 2023   06:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Teori Ekologi Bronfenbrenner adalah teori perkembangan yang menekankan pengaruh berbagai sistem lingkungan terhadap perkembangan manusia. Berikut adalah konsep dasar dari teori tersebut:

  - **Sistem Ekologi**: 

Teori ini mengusulkan bahwa individu dipengaruhi oleh beberapa sistem yang saling berhubungan, termasuk mikrosistem (lingkungan terdekat), mesosistem (interaksi antara mikrosistem), eksosistem (pengaruh tidak langsung), dan makrosistem (nilai dan kepercayaan budaya). 

- **Pengaruh pada Pembangunan**:

 Teori Bronfenbrenner menyatakan bahwa perkembangan dipengaruhi oleh interaksi antara sistem-sistem ini. Misalnya, perkembangan anak dapat dipengaruhi oleh keluarga (mikrosistem), sekolah (mesosistem), dan norma-norma masyarakat (makrosistem)

. - **Konteks Lingkungan**: 

Teori ini menekankan pentingnya mempertimbangkan konteks lingkungan dalam memahami pembangunan manusia. Ini mengakui bahwa individu dibentuk oleh interaksi mereka dengan lingkungan mereka.

 - **Perbedaan Generasi**:

 Bronfenbrenner juga percaya bahwa generasi anak-anak saat ini adalah yang pertama tumbuh di dunia yang didominasi oleh teknologi dan media baru, dan yang pertama tumbuh dalam revolusi seksual. 

- **Implikasi**: 

Teori memiliki implikasi untuk memahami bagaimana lingkungan mempengaruhi individu dan bagaimana individu dapat dibentuk oleh interaksi mereka dengan lingkungan mereka. Ini dapat diterapkan ke berbagai bidang, termasuk pendidikan, psikologi, dan pekerjaan sosial.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline