Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Belajar dan Berbagi Ilmu Steam di Kombel Tagformat

Diperbarui: 21 Oktober 2024   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar tagformat

Semalam Omjay diminta menjadi narasumber Pendekatan STEAM dalam pembelajaran. Pertanyaan peserta sangat bagus sekali. Lebih dari 55 orang peserta dalam acara webinar tersebut.

Materinya dapat anda unduh di link di bawah ini. Silahkan diunduh untuk dipelajari.

https://drive.google.com/drive/folders/1DTqUHW6lS0SrHsjLcHQ1sw7TtpKnN2Bz

Input sumber gambar dokpri

Berikut ini adalah jawaban untuk pertanyaan Ibu Evi Rokhayati tentang penerapan prinsip STEAM dalam pembelajaran informatika agar lebih menyenangkan:

Penerapan Prinsip STEAM dalam Pembelajaran Informatika

1. S (Science) - Ilmu Pengetahuan:
   - Integrasikan konsep dasar pemrograman dengan prinsip-prinsip ilmiah. Misalnya, ajarkan tentang algoritma menggunakan eksperimen sederhana, seperti mengurutkan benda berdasarkan berat atau ukuran.
   - Gunakan proyek yang melibatkan data sains, seperti analisis data cuaca menggunakan pemrograman.

2. T (Technology) - Teknologi:
   - Ajak siswa untuk menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras terbaru, seperti robotika atau aplikasi berbasis web, agar mereka lebih tertarik dan terlibat.
   - Terapkan pembelajaran berbasis proyek di mana siswa dapat menciptakan aplikasi atau game sederhana menggunakan alat seperti Scratch atau Python.

3. E (Engineering) - Rekayasa:
   - Libatkan siswa dalam mendesain dan membangun proyek teknologi, seperti membuat website atau aplikasi mobile, yang dapat memecahkan masalah di sekitar mereka.
   - Ajarkan mereka tentang siklus hidup pengembangan perangkat lunak (SDLC) agar mereka memahami bagaimana proyek teknologi dikelola dari awal hingga akhir.

4. A (Arts) - Seni:
   - Integrasikan elemen kreatif dalam proyek informatika, seperti desain antarmuka pengguna (UI) yang menarik atau pembuatan animasi.
   - Dorong siswa untuk mengeksplorasi aspek artistik dari coding, seperti menghasilkan visualisasi data yang menarik atau membuat game dengan elemen cerita yang kuat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline