Seorang kawan guru bertanya kepada Omjay. Bagaimana Mengaplikasikan Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Kelas Sekolah Dasar?
Tentu saja Omjay tersenyum menjawabnya dan jadilah artikel ini berkat bantuan kecerdasan buatan.
Pendahuluan
Pembelajaran berdeferensiasi adalah pendekatan mengajar yang menyesuaikan metode, materi, dan penilaian berdasarkan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa. Kalau di sekolah dasar biasa disebut murid.
Dalam konteks kelas Sekolah Dasar (SD), penerapan pembelajaran berdeferensiasi sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif.
Artikel kisah Omjay kali ini akan membahas langkah-langkah praktis untuk mengaplikasikan pembelajaran berdeferensiasi sesuai modul ajar yang ada. Semoga dapat diimplementasikan di kelas Anda para guru Indonesia.
Langkah-langkah Mengaplikasikan Pembelajaran Berdeferensiasi
1. Mengetahui Karakteristik Siswa atau murid
- Observasi dan Penilaian Awal:
Lakukan observasi terhadap kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa atau murid sekolah dasar. Gunakan kuesioner atau tes awal untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka. Buat pertanyaan tes awal yang mudah dipahami murid SD. Observasi dan penilaian awal ini penting sebagai langkah awal anda melakukan pembelajaran berdiferensiasi.