Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Mengajak Siswa Sholat Berjamaah di Masjid Sekolah

Diperbarui: 5 Agustus 2024   17:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar dokpri

Pendahuluan

Mengajak siswa sholat berjamaah di masjid sekolah. Inilah tema kisah Omjay kali ini. Tidak mudah mengajak siswa yang beragama Islam untuk sholat berjamaah di masjid sekolah. 

Namun, bisa kita wujudkan kalau adanya kesadaran dari semua civitas akademika sekolah tersebut tentang pentingnya sholat berjamaah. Sebab sholat berjamaah mencegah perbuatan keji dan mungkar. Sholat berjamaah juga mengajak siswa untuk berdisiplin soal waktu. 

Siswa di sekolah kami alhamdulillah bisa diajak melakukan kebaikan, dan memahami ajaran agamanya dengan baik. Kami memulainya dengan pembiasaan sholat berjamaah di masjid sekolah.

Isi tulisan ini mengajak siswa sholat berjamaah di masjid sekolah. Hal ini sudah menjadi budaya sekolah kami di Labschool Jakarta. Sebuah sekolah swasta di bawah naungan universitas negeri jakarta atau UNJ. Sekolah kami terletak di jalan Pemuda Kompleks UNJ Rawamangun, Jakarta Timur.

Apa yang harus dilakukan agar mampu mengajak siswa sholat berjamaah?

Semua guru dan karyawan sekolah harus bekerja sama dan memberikan keteladanan atau contoh yang baik kepada semua siswa. Ketika tiba waktu sholat dhuhur sekitar pukul 12.00 WIB, siswa SMP Labschool Jakarta sudah siap sedia berkumpul di masjid sekolah. Mereka diajak sholat berjamaah, mendengarkan kultum, dan mendapatkan pengumuman atau informasi dari pimpinan sekolah.

Input sumber gambar dokpri

Sedangkan siswa SMA Labschool Jakarta, mulai berkumpul pukul 12.30 WIB, dan melakukan sholat berjamaah di masjid sekolah yang bernama masjid Baitul ilmi Labschool Jakarta. Setelah sholat berjamaah, salah satu siswa tampil untuk memberikan kultum di atas mimbar masjid. Siswa yang lain mendengarkan dengan baik.

Siapa saja yang diajak sholat berjamaah di sekolah?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline