Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Kamu Boleh Lupa Nama Guru Olahraga, Tapi Jangan Pernah Melupakan Olahraga

Diperbarui: 10 Juli 2024   22:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar dokpri

Sebuah pesan yang masih omjay ingat dari guru olahraga kami di SMP dan SMA labschool Jakarta adalah kamu boleh lupa nama guru olahraga. Namun jangan pernah melupakan olahraga. 

Pesan itu selalu omjay ingat. Walaupun disampaikan sudah puluhan tahun yang lalu. Pak Suprojo yang menyampaikan pesan tersebut juga sudah pensiun dan masih kuat bekerja di SMP dan SMA Diponegoro Rawamangun Jakarta Timur. Usianya sudah lebih dari 75 tahun. Beliau Suka main terompet dan naik motor Harley Davidson.

Sebenarnya olahraga itu mudah kalau ketika punya niat yang kuat. Hal yang paling mudah adalah jalan kaki atau berlari. Omjay sendiri punya alat senam sederhana yang omjay pakai setiap hari.

Olahraga sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Berikut adalah beberapa alasan mengapa olahraga penting:

1. Kesehatan fisik.

Melalui olahraga, kita dapat meningkatkan kekuatan otot, kekuatan jantung, fleksibilitas, dan daya tahan. Olahraga juga membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

2. Kesehatan mental.

Olahraga tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga untuk pikiran. Berolahraga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Aktivitas fisik melepaskan endorfin, yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan", yang dapat meningkatkan suasana hati dan merasa lebih baik secara keseluruhan.

3. Meningkatkan kualitas tidur.

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tubuh yang aktif memiliki kecenderungan untuk lebih cepat tertidur dan tidur lebih nyenyak. Hal itu sudah Omjay buktikan sendiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline