Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Kolaborasi Masyarakat Digital Bagian 2

Diperbarui: 1 Mei 2024   00:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar dokpri

Pendahuluan

Hari ini Omjay berangkat ke kota Bandung dari Jakarta. Omjay memesan tiket kereta api cepat woosh dari stasiun Halim menuju stasiun Bandung. Besok sekolah libur karena ada hari buruh internasional. Tiba saatnya Omjay bertemu anak dan istri yang tinggal di kota Bandung.

Omjay mencari jadwal keberangkatan lewat aplikasi kcic. Alhamdulillah ada jadwal pukul 15.00 WIB. Omjay langsung memilih tempat duduk di gerbong 7 dan mulai transfer lewat online. Sangat mudah sekali cara pesan tiket kereta. Kita tinggal klik sana klik sini. Tiket kereta dengan cepat kita dapatkan.

Input sumber gambar dokpri

Alhamdulillah Omjay mendapatkan tiket kereta api cepat woosh menuju Bandung. Dari sekolah Omjay naik ojek online dan bayar pakai uang elektronik yang bernama gopay. Uang gopay Omjay dapatkan dari menulis kisah Omjay di Kompasiana. Inilah contoh nyata dari kolaborasi masyarakat digital.

https://youtu.be/MdoAXpJo5E0?si=py5BvmQtLJ3s_joX


Isi tulisan ini adalah praktek nyata dalam kolaborasi masyarakat digital. Materinya sudah dipelajari di pelajaran informatika kelas 7.

Dahulu bila kita ingin bepergian, maka kita harus membeli tiket secara langsung di stasiun atau terminal dan harus bayar dengan uang cash. Semua harus dibayar tunai.

Sekarang semuanya serba mudah. Asal ada uang di rekening bank atau ada uang digital seperti gopay, maka kita dapat berpergian dengan sangat mudah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline