Guru Sejarah, dan Persoalan Mata Pelajaran Sejarah, Serta Permendikbudristek dalam Kurikulum Merdeka. Itulah yang menjadi tema kisah Omjay kali ini. Omjay mendapatkan struktur kurikulumnya dari sahabat baik Omjay, Bapak Dr. Sumardiansyah Perdana Kusuma (Superku) melalui aplikasi WhatsApp. Sekarang ini, beliau menjabat sebagai Wasekjen PB PGRI, dan juga presiden AGSI.
๐๐ฎ๐๐ฎ ๐๐ถ๐ฎ๐ฝ๐ฎ ๐ฝ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฒ๐น๐ฎ๐ท๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐ท๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ต ๐ถ๐๐ ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ผ๐๐ฎ๐ป๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ธ ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ? ๐ฆ๐ฎ๐๐ฎ๐ป๐ด๐ป๐๐ฎ ๐ฑ๐ถ๐๐ถ๐ป๐ถ, ๐ฑ๐ถ ๐๐ฒ๐ธ๐ถ๐๐ฎ๐ฟ ๐ธ๐ฎ๐บ๐ถ, ๐ฑ๐ถ ๐๐ฒ๐ธ๐ผ๐น๐ฎ๐ต ๐ธ๐ฎ๐บ๐ถ, ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ถ ๐ธ๐ผ๐บ๐๐ป๐ถ๐๐ฎ๐ ๐ธ๐ฎ๐บ๐ถ, ๐ธ๐ฎ๐บ๐ถ ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ธ ๐บ๐ฒ๐ป๐ฒ๐บ๐๐ธ๐ฎ๐ป ๐ต๐ฎ๐น ๐๐ฒ๐ฟ๐๐ฒ๐ฏ๐๐! ๐๐ถ๐๐ถ๐ป๐ถ ๐ท๐๐๐๐ฟ๐ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐๐ฎ๐บ๐ฝ๐ฎ๐ธ ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐ต ๐ธ๐ฒ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐ฏ๐ฎ๐น๐ถ๐ธ๐ป๐๐ฎ, ๐ฑ๐ถ๐บ๐ฎ๐ป๐ฎ ๐๐ฒ๐ท๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ต ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐ต ๐ฝ๐ฒ๐น๐ฎ๐ท๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ป ๐ฝ๐ฒ๐ป๐๐ถ๐ป๐ด ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ด๐๐ฟ๐ ๐๐ฒ๐ท๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ต๐ป๐๐ฎ ๐ฑ๐ถ๐๐๐ธ๐ฎ๐ถ ๐ผ๐น๐ฒ๐ต ๐บ๐๐ฟ๐ถ๐ฑ ๐ธ๐ฎ๐ฟ๐ฒ๐ป๐ฎ ๐บ๐ฎ๐บ๐ฝ๐ ๐บ๐ฒ๐ป๐ด๐ต๐ฎ๐ฑ๐ถ๐ฟ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฝ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฒ๐น๐ฎ๐ท๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ป ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐ป๐๐ฒ๐ป๐ฎ๐ป๐ด๐ธ๐ฎ๐ป, ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ, ๐บ๐ฒ๐ป๐ด๐๐ฎ๐๐ธ๐ฎ๐ป ๐ถ๐ฑ๐ฒ๐ป๐๐ถ๐๐ฎ๐, ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐บ๐ฒ๐ป๐ด๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฎ๐ป๐ด๐ธ๐ฎ๐ป ๐ธ๐ฒ๐ฝ๐ฒ๐บ๐ถ๐บ๐ฝ๐ถ๐ป๐ฎ๐ป ๐บ๐๐ฟ๐ถ๐ฑ. ๐ฆ๐ถ๐น๐ฎ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ถ๐น๐ถ๐ต๐ฎ๐ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ถ๐๐ท๐ถ, ๐ฎ๐ฝ๐ฎ ๐ธ๐ฎ๐๐ฎ ๐ด๐๐ฟ๐ ๐๐ฒ๐ฟ๐๐ฎ ๐ฎ๐ฝ๐ฎ ๐ธ๐ฎ๐๐ฎ ๐บ๐๐ฟ๐ถ๐ฑ! (๐ฆ๐๐บ๐ฎ๐ฟ๐ฑ๐ถ๐ฎ๐ป๐๐๐ฎ๐ต, ๐ฎ๐ฌ๐ฎ๐ฐ)
Sejarah akan mencatat semuanya. Kelak mereka yang hidup di masa depan atau bahkan hari ini akan mencari tahu tentang kita, para pelaku maupun saksi sejarah, tentang apa yang terjadi, demi merekonstruksi sebuah kisah bahwa pernah ada satu fase dalam sejarah kurikulum (2020-2024) telah terjadi ancaman terhadap mata pelajaran sejarah, sampai kemudian terjadi perlawanan oleh para guru dan dosen sejarah, baik secara individu maupun terkonsolidasi dalam satu organisasi profesi.
Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada akhirnya telah mampu menjawab aspirasi guru, dosen, dan mahasiswa Pendidikan Sejarah ataupun Ilmu Sejarah. Semua guru sejarah mulai bernafas lega.
Terima kasih kepada Pemerintah, Asosiasi Guru Sejarah Indonesia, Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah se-Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia, dan untuk semua pihak yang selama ini sudah menyuarakan aspirasi agar keberadaan mata pelajaran sejarah diperkuat dalam kurikulum merdeka.
Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada. Hari ini sejarah mendapatkan posisi strategis dalam struktur kurikulum merdeka dengan ditempatkan sebagai mata pelajaran sejarah kelompok dasar pada jenjang SMA/SMK/MA dan mata pelajaran sejarah tingkat lanjut kelompok pilihan pada jenjang SMA.
Pada kelompok dasar semua anak bangsa wajib mempelajari sejarah sebagai sarana untuk membangun identitas dan memperkuat karakter bangsa. Perspektif historis yang bertumpu pada materi sejarah Indonesia secara kronologi menjadi ciri khasnya.