Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Guru Sejarah, dan Persoalan Mata Pelajaran Sejarah, serta Permendikbudristek dalam Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 28 Maret 2024 ย  08:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ย SuPerku

Guru Sejarah, dan Persoalan Mata Pelajaran Sejarah, Serta Permendikbudristek dalam Kurikulum Merdeka. Itulah yang menjadi tema kisah Omjay kali ini. Omjay mendapatkan struktur kurikulumnya dari sahabat baik Omjay, Bapak Dr. Sumardiansyah Perdana Kusuma (Superku) melalui aplikasi WhatsApp. Sekarang ini, beliau menjabat sebagai Wasekjen PB PGRI, dan juga presiden AGSI.

๐—ž๐—ฎ๐˜๐—ฎ ๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต ๐—ถ๐˜๐˜‚ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ผ๐˜€๐—ฎ๐—ป๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ? ๐—ฆ๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ๐˜€๐—ถ๐—ป๐—ถ, ๐—ฑ๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐—ฟ ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐—ถ, ๐—ฑ๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—ธ๐—ผ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐—ถ, ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ ๐—ธ๐—ผ๐—บ๐˜‚๐—ป๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐—ถ, ๐—ธ๐—ฎ๐—บ๐—ถ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ฒ๐—บ๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ต๐—ฎ๐—น ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐˜‚๐˜! ๐——๐—ถ๐˜€๐—ถ๐—ป๐—ถ ๐—ท๐˜‚๐˜€๐˜๐—ฟ๐˜‚ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ธ๐—ฒ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐—ฏ๐—ฎ๐—น๐—ถ๐—ธ๐—ป๐˜†๐—ฎ, ๐—ฑ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ฝ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜๐—ถ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ด๐˜‚๐—ฟ๐˜‚ ๐˜€๐—ฒ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ๐˜€๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ถ ๐—ผ๐—น๐—ฒ๐—ต ๐—บ๐˜‚๐—ฟ๐—ถ๐—ฑ ๐—ธ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฒ๐—ป๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐˜‚ ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ต๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ฟ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜†๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ป, ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐—ป๐—ฎ, ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐˜‚๐—ฎ๐˜๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ถ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐˜๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€, ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—บ๐—ฝ๐—ถ๐—ป๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐˜‚๐—ฟ๐—ถ๐—ฑ. ๐—ฆ๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ต๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ๐—น๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐˜ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ๐˜‚๐—ท๐—ถ, ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฎ ๐—ด๐˜‚๐—ฟ๐˜‚ ๐˜€๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ ๐—ธ๐—ฎ๐˜๐—ฎ ๐—บ๐˜‚๐—ฟ๐—ถ๐—ฑ! (๐—ฆ๐˜‚๐—บ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฑ๐—ถ๐—ฎ๐—ป๐˜€๐˜†๐—ฎ๐—ต, ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฎ๐Ÿฐ)

ย superku

Sejarah akan mencatat semuanya. Kelak mereka yang hidup di masa depan atau bahkan hari ini akan mencari tahu tentang kita, para pelaku maupun saksi sejarah, tentang apa yang terjadi, demi merekonstruksi sebuah kisah bahwa pernah ada satu fase dalam sejarah kurikulum (2020-2024) telah terjadi ancaman terhadap mata pelajaran sejarah, sampai kemudian terjadi perlawanan oleh para guru dan dosen sejarah, baik secara individu maupun terkonsolidasi dalam satu organisasi profesi.

ย Superku

Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada akhirnya telah mampu menjawab aspirasi guru, dosen, dan mahasiswa Pendidikan Sejarah ataupun Ilmu Sejarah. Semua guru sejarah mulai bernafas lega.

Terima kasih kepada Pemerintah, Asosiasi Guru Sejarah Indonesia, Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah se-Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia, dan untuk semua pihak yang selama ini sudah menyuarakan aspirasi agar keberadaan mata pelajaran sejarah diperkuat dalam kurikulum merdeka.

ย Superku

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada. Hari ini sejarah mendapatkan posisi strategis dalam struktur kurikulum merdeka dengan ditempatkan sebagai mata pelajaran sejarah kelompok dasar pada jenjang SMA/SMK/MA dan mata pelajaran sejarah tingkat lanjut kelompok pilihan pada jenjang SMA.

Pada kelompok dasar semua anak bangsa wajib mempelajari sejarah sebagai sarana untuk membangun identitas dan memperkuat karakter bangsa. Perspektif historis yang bertumpu pada materi sejarah Indonesia secara kronologi menjadi ciri khasnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline