Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Guru Penggerak Kok Malah Semakin Jauh dari Muridnya?

Diperbarui: 18 Februari 2024   20:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar PGRI

Seorang kawan pengurus PGRI memberikan gambar atau foto di wa group PGRI. Isinya sangat menyentuh hati Omjay sebagai seorang guru.

"Jangan biarkan guruku terus bergerak mengejar aplikasi. Kembalikan guruku ke ruang hatiku di kelas."

Terus terang Omjay merasa terharu dengan kalimat tersebut. Betapa sekarang ini banyak guru yang meninggalkan muridnya di kelas supaya bisa aktif di pengelolaan kinerja guru yang ada di dalam aplikasi PMM.

Pakar pendidikan karakter bapak Doni Koesoema mengatakan di channel YouTube tanya pak Doni saja bahwa Aplikasi PMM: Pemaksaan Terstruktur, Masif & Sistematis.

Sahabat pendidikan karakter,

Pemaksaan pemakaian aplikasi di dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara terstruktur, masif, dan sistematis ini semakin menunjukkan bahwa pengambil kebijakan sedang mengalami keblinger aplikasi (mabuk aplikasi) dan tidak paham apa hal paling fundamental di dalam pengembangan guru.

Simak kajian kritisnya di kanal transformasi kebijakan pendidikan dalam program "Tanya Pak Doni Saja". Analisis Kebijakan Pendidikan Terkini, Kritis, Objektif, dan Transformatif selalu dibahas tuntas dalam channel YouTube tanya pak Doni saja.

https://youtu.be/alPJd1VwCBI?si=u6YjF3yXfTLceY_0


Semoga semua guru kembali bergerak untuk fokus kepada semua muridnya di kelas. Gunakan aplikasi PMM untuk niat berbagi dan belajar secara mandiri. Bukan sekedar untuk mengejar kenaikan pangkat guru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline