Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Emang Enak Jadi Anggota KPPS?

Diperbarui: 10 Februari 2024   17:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar dokpri

"Emang enak jadi anggota KPPS?" Begitulah istri Omjay meledek Omjay.

Ternyata banyak juga persiapan yang harus dilakukan oleh anggota KPPS. Kelompok penyelenggara pemungutan suara yang disingkat KPPS punya tanggung jawab besar terlaksananya pemilihan umum yang sudah dirancang oleh komisi pemilihan umum atau KPU.

Mulai dari dilantik dan ambil surat undangan ke pemilih sampai mengedarkannya ke rumah si pemilih. Ini masih persiapan dan belum sampai tahap pemilihan umum.

Nah, surat pemberitahuan pemungutan suara atau undangan kepada pemilih harus sudah sampai ke tangan pemilih yang ada dalam daftar pemilih tetap atau DPT.

Ini baru surat undangan ke pemilih, dan belum termasuk kartu suara, dan peralatan lainnya. Kami masih menunggu komando dari ketua KPPS kelurahan Jatibening Bekasi. Semoga kelengkapan lainnya datang tepat pada waktunya. Aamiin.

Kami anggota KPPS di TPS 75 berkumpul di rumah Omjay. Dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB kita mempersiapkan surat undangan pemilih. Ada undangan pemberitahuan untuk para pemilih yang akan mencoblos di TPS 75.

Sayangnya kami mendapatkan nama warga pemilih yang bukan dalam wilayah RT kami, sehingga masih harus mencari alamat rumah berdasarkan RT yang ada di data pemilih tetap KPU. Untunglah masih berada dalam wilayah satu RW 10 kompleks TNI AL Jatibening indah pondok gede Bekasi.

Ada juga kami temukan nama pemilih yang sudah meninggal. Mungkin saat di data orangnya masih hidup dan sekarang sudah meninggal. Belum sempat datanya dilaporkan ke petugas KPU. Namanya juga ajal kita tak tahu kapan kematian akan datang. Tapi pasti akan kita temui cepat atau lambat.

Input sumber gambar dokpri 

Alhamdulillah kami mendapatkan nama lengkap pemilih tanpa alamat rumah dari 3 RT yaitu RT 003, 004, dan 005 RW 10 kompleks TNI AL Jatibening indah pondok gede Bekasi. Kami semuanya ada 7 orang anggota di TPS 75 dan 2 orang linmas yang akan bertugas di hari pelaksanaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline