Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Bagaimana Caranya Hidup Sederhana dan Bahagia?

Diperbarui: 28 Januari 2024   06:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar dokpri 

Kompasiana mengajak kompasianer menulis topik pilihan tentang hidup sederhana dan bahagia. Tentu saja Omjay menyambut ajakan tersebut dengan pengalaman hidup sendiri yang sudah menikah dari tahun 1998 dan dikaruniai 2 orang anak perempuan yang sangat sayang kepada ayah dan ibunya.

Sumber gambar dokpri 

Malam ini kami sekeluarga menginap di villa Thea home di daerah Dago Pakar Bandung. Villanya bagus dan tidak mungkin terbeli dengan gaji Omjay sebagai seorang guru.

Omjay bersyukur kepada Allah SWT. Dalam usia yang mendekati 52 tahun, sudah menikahkan anak pertama dan sebentar lagi akan punya cucu perempuan. Itulah hasil USG dari dokter kandungan langganan Intan.

Anak kedua masih kuliah di fakultas hukum di kota Bandung dan sebentar lagi akan praktik kerja. Sedangkan Omjay sendiri Alhamdulillah sudah mendapatkan gelar doktor pendidikan di usia 50 tahun.

Selama membangun rumah tangga, Omjay selalu sayang kepada anak dan istri. Urusan keuangan keluarga selalu dikelola oleh istri dengan baik. Kalau kita ada rezeki, kita rekreasi dan main ke mall bersama anak-anak. Pendidikan dalam keluarga sangat Omjay utamakan. Pengelolaan keuangan keluarga juga terkelola dengan baik.

Istri sangat pandai mengelola keuangan. Suaminya seorang guru dan istri tidak bekerja setelah punya anak. Omjay minta istri keluar dari tempat kerjanya dan fokus mengurus anak-anak.

Alhamdulillah kita rajin menabung dan menunda keinginan kalau tidak begitu penting. Beda dengan kebutuhan yang harus dibeli karena berhubungan dengan sandang, pangan, dan papan.

Kami membeli rumah dengan cara cicilan BTN di Bekasi Regensi Cibitung, Jawa Barat. Kemudian membeli motor second untuk keperluan berangkat kerja dan mengajar di sekolah.

Motor yang pertama kali Omjay miliki adalah motor Astrea 800. Omjay beli dari pak Cecep guru di SMA Labschool Jakarta pada saat itu tahun 1998. Motor tersebut kemudian Omjay jual dan membeli motor Astrea prima Honda yang lebih muda tahunnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline