Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Ayo Kita Belajar 4 Pilar Literasi Digital!

Diperbarui: 17 Januari 2024   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar dokpri

Hari Selasa kemarin, 16 Januari 2024, mas Donny BU, ketua GNLD Siberkreasi membagikan infomasi kepada semua mitra Siberkreasi. Beliau membagikan CABE yang tidak pedas, dan bahkan sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Apa itu CABE? Cabe itu adalah singkatan dari 4 pilar literasi digital, yaitu:

  • Cakap Digital
  • Aman Digital
  • Budaya Digital
  • Etika Digital

Kawan-kawan pegiat literasi digital yang baik hatinya. Berikut ini adalah sumbangsih kawan-kawan gerakan nasional literasi digital (GNLD) Siberkreasi untuk memperkaya konten edukasi terkait 4 (empat) pilar CABE (Cakap, Aman, Budaya, Etika) Digital. 

Silakan anda klik https://gnld.siberkreasi.id/modul.

Tersedia 16 (enam belas) mini modul tematik, silakan diunduh dan di cut-and-paste sesuai kebutuhan kawan-kawan saat memberikan edukasi literasi digital ke masyarakat. Ayo kita belajar 4 pilar literasi digital.

Tentu saja modul-modul ini masih jauh dari harapan dan dapat dikatakan belum memadai, namun setidaknya bisa menjadi salah satu pondasi untuk kolaborasi kita menghasilkan modul-modul literasi digital berikutnya.

https://drive.google.com/drive/folders/12WECEOlFev3qgtjmb23-fBAEFRGGCm3h

Terimakasih atas dukungan Kementerian Kominfo, dan kawan-kawan Pengarah, Pengurus, dan jejaring Siberkreasi sehingga modul-modul ini dapat tersedia saat ini. Yuk, kita kolaborasi lebih gencar lagi di tahun 2024.

Begitulah ajakan mas Donny BU kepada semua mitra di GNLD Siberkreasi. Berikut ini Omjay jelaskan sedikit tentang 4 pilar literasi digital yang selalu dikampanyekan kepada masyarakat Indonesia.

Input sumber gambar donny BU

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline