Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Guru Penggerak dan Aplikasi PMM yang Membosankan!

Diperbarui: 22 Desember 2023   11:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi/screenshot

Guru penggerak dan aplikasi PMM yang membosankan.

Seorang kawan guru penggerak curhat ke Omjay. Katanya kurikulum merdeka membuat guru dan murid merdeka. Namun, semua guru wajib menggunakan aplikasi PMM. Ternyata aplikasi ini begitu membosankan. Seharusnya Kemdikbudristek membuat berbagai aplikasi sehingga guru diberikan kebebasan memilih dan memanfaatkan aplikasi. Begitulah keluhan dari seorang kawan guru penggerak Kemdikbudristek.

Sumber gambar dokpri 

Omjay membaca keluhannya setelah berfoto mesra dengan para setan lucu di jalan Asia Afrika Bandung. Omjay sedang menikmati liburan sekolah di kota Bandung. Di sepanjang jalan Asia Afrika kalau malam banyak setan lucu yang siap difoto he-he-he.

Kurikulum saat ini sudah berubah. Hampir semua sekolah sudah menggunakan kurikulum merdeka. Dengan adanya aplikasi PMM, kawan-kawan guru diminta membuat aksi nyata di sekolah, kemudian dibagikan dalam aplikasi PMM. 

Dok. pribadi/screenshot

Platform merdeka mengajar ini bisa diinstal di HP guru melalui play store. Seorang guru dapat membuka aplikasi PMM dimana saja dan kapan saja. Mereka yang rajin memanfaatkan aplikasi PMM akan mendapatkan apresiasi dari Kemdikbudristek. Omjay sendiri saat ini sedang belajar pemanfaatan teknologi artificial intelligence atau AI dalam pembelajaran dan administrasi sekolah. Kalau nanti sudah menguasai ilmunya akan Omjay bagikan di aplikasi PMM.

SMP Negeri 11 Smg

Apa manfaat aplikasi PMM bagi guru Indonesia? 

Manfaat aplikasi PMM yang Omjay rasakan sebagai guru penggerak adalah Omjay banyak mendapatkan pengetahuan tambahan yang Omjay dapat dari pengalaman guru lainnya. Banyak informasi baru Omjay dapatkan agar mendapatkan pengetahuan tentang cara mengajar yang berkualitas dari para guru inspiratif dari seluruh Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline