AKSI NYATA GURU INFORMATIKA SMP LABSCHOOL JAKARTA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Perkenalkan nama saya Wijaya Kusumah yang biasa disapa Omjay. Saat ini Omjay mengampu mata pelajaran Informatika. Mata pelajaran Informatika adalah mata pelajaran baru dalam kurikulum merdeka. Sudah mulai banyak guru informatika SMP yang mengikuti pelatihan daring yang dilaksanakan oleh Kemdikbudristek.
Setelah mengikuti pelatihan daring tahun lalu, penulis mulai mengimplementasikan apa-apa yang sudah disampaikan oleh para instruktur implementasi kurikulum merdeka. Salah satunya adalah guru berperan sebagai fasilitator dan tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar siswa. Guru sedikit bicara dan siswa banyak bekerja aktif dalam mencari informasi tentang informatika.
Selama ini guru membuat slide presentasi dan kemudian mempresentasikan materinya kepada siswa. Sekarang siswa yang membuat slide presentasi dan guru mendengarkan presentasi siswa. Baik secara mandiri maupun kelompok. Hal itu dilakukan untuk melihat kemampuan siswa dalam membuat slide presentasi. Contoh slide presentasi siswa dapat anda baca di sini dan ditonton di sana.
Kebijakan Merdeka Belajar memberikan kesempatan bagi guru dan tenaga kependidikan (GTK) untuk lebih kreatif melakukan inovasi dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan bermakna bagi peserta didik. Penulis sebagai guru Informatika mengajak siswa untuk membuat slide presentasi yang baik dan benar serta mempresentasinya di depan kelas. Bila waktunya tidak cukup, maka penulis meminta siswa untuk mengupload rekaman presentasinya ke https://youtube.com.
Guru dan Tenaga Kependidikan memiliki posisi strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, guru dan tenaga kependidikan memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sekaligus menjadi agen transformasi penguatan SDM Indonesia untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Salah satunya adalah bergotong royong. Saat melaksanakan pembelajaran guru dapat menyampaikan tujuan pembelajaran, pertanyaan pemantik, Apersepsi, dan kata kunci.
GTK inovatif adalah GTK yang selalu melakukan upaya pembaharuan strategi dan mencoba berbagai hal baru dengan menggunakan teknologi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai dengan bidang tugas dan mata pelajaran yang diampu. Selain itu membudayakan refleksi dan evaluasi untuk melakukan transformasi secara berkelanjutan. Budaya refleksi dan evaluasi inilah yang penulis lakukan dalam melakukan inovasi pembelajaran informatika. Itulah aksi nyata guru Informatika SMP Labschool Jakarta dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.