Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

TERVERIFIKASI

Guru Blogger Indonesia

Apa yang Baru dari Apresiasi GTK 2023 Kemdikbudristek?

Diperbarui: 7 September 2023   19:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: dokpri

Apa yang baru dari Apresiasi GTK 2023 Kemdikbudristek?

Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) merupakan sebuah upaya Kemendikbudristek melalui Ditjen GTK untuk memberikan penghargaan kepada GTK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing guna menstimulasi GTK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 

Informasi lengkapnya dapat anda baca di sana

Apresiasi ini diberikan kepada GTK yang melakukan inovasi, berdedikasi, dan menginspirasi. Di samping itu, apresiasi juga diberikan kepada guru yang menjadi idola/panutan/favorit siswa. Jadi ada 4 Apresiasi GTK dalam tahun 2023 ini.

Adapun tema apresiasi GTK tahun 2023 adalah "Ciptakan Pembelajaran Berkualitas melalui Kurikulum Merdeka" .

Apa saja sih sebenarnya tujuan dari kegiatan apresiasi GTK 2023 yang diselenggarakan dirjen GTK Kemdikbudristek? 

  • Memilih dan menetapkan GTK yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 
  • Memberikan apresiasi kepada GTK atas praktik baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 
  • Memperoleh praktik baik pembelajaran, kepemimpinan pembelajaran, pendampingan, pelaksanaan administrasi sekolah, penatalaksanaan laboratorium, pengelolaan perpustakaan sekolah, pengelolaan satuan PAUD, dan pengimbasan yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Sumber gambar dokpri

Prinsip Apresiasi GTK 2023 ini adalah:

  • Obyektif, Memastikan bahwa setiap kegiatan atau karya nyata dilakukan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya tanpa ada intervensi dari kepentingan, persepsi, dan pandangan pribadi dan/atau pihak lain. 
  • Transparan, Memastikan bahwa setiap kegiatan atau karya nyata dilakukan secara terbuka untuk diketahui oleh pihak yang berkepentingan 
  • Akuntabel, Memastikan bahwa setiap kegiatan atau karya nyata dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak yang berkepentingan 
  • Kompetitif, Memastikan bahwa setiap kegiatan atau karya nyata menggambarkan keseluruhan isi secara utuh. 
  • Efektif, Memastikan bahwa setiap kegiatan atau karya nyata sesuai dengan maksud dan tujuannya. 
  • Efisien, Memastikan bahwa setiap kegiatan atau karya nyata dilakukan secara hemat, baik dari aspek waktu, tenaga, maupun biaya.  

Ayo buruan ikut daftar kegiatan apresiasi GTK 2023 kemdikbudristek dalam rangka memeriahkan hari guru nasional tahun 2023. Peserta yang terpilih akan diundang ke Jakarta dan menikmati fasilitas hotel bintang 5. Begitulah cerita kawan-kawan GTK yang terpilih tahun 2022 lalu. Omjay sempat menemuinya ketika diundang ke sana oleh kemdikbudristek.


Pada GTK Inovatif bukti karya yang dikirim dan dinilai adalah berupa video dan naskah yang memuat minimal satu konten karya. Persyaratan karya dijelaskan berikut ini., yaitu:

  • Video berisi praktik baik pembelajaran, kepemimpinan pembelajaran, pendampingan, pengimbasan, pengelolaan satuan pendidikan, perpustakaan dan laboratorium sekolah yang inovatif dan inspiratif dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. 
  • Video memvisualkan aktivitas yang tidak mengandung unsur SARA, pornoaksi, pornografi, radikalisme, dan intoleransi. Video berdurasi 5-10 menit tanpa musik latar.
  • Naskah asli bukan plagiasi hasil karya orang lain. Naskah harus relevan dan menjelaskan video yang diunggah. Substansi naskah disajikan secara tertulis yang menjelaskan: 
  • 1) Situasi terkait kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik baik ini penting, dan/atau apa yang menjadi peran dan tanggung jawab peserta dalam praktik ini. 
  • 2) Tantangan terkait apa yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan praktik tersebut, dan/atau siapa saja yang terlibat. 
  • 3) Aksi (sinopsis konten video) terkait langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan/ bagaimana pelaksanaannya, siapa saja yang terlibat, dan/atau apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini. 
  • 4) Refleksi terkait hasil dan dampak, bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif atau tidak efektif serta mengapa, bagaimana respons orang lain terkait praktik yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan, dan/atau pembelajaran apa dari keseluruhan proses tersebut.  
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline