Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Jujur, Ini yang Terberat dari Program Pendidikan Guru Penggerak!

Diperbarui: 19 Mei 2023   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar dokpri

Jujur, ini yang terberat dari program pendidikan guru penggerak! Konsistensi, tidak copas tulisan orang lain, dan mau terus belajar. Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) angkatan 7 sebentar lagi akan berakhir. Kami sudah masuk di materi modul 3.3 di LMS guru penggerak. Sebelumnya, kami baru saja menyelesaikan modul 3.2 di LMS Guru Penggerak melalui SIM PKB kami. Fasilitator Omjay yang baik hati mengingatkan kalau ada tugas demonstrasi kontekstual modul 3.2 tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya belum Omjay kerjakan.

Jujur, kalau mau copas dari Internet gampang! di Kompasiana sudah banyak guru yang menuliskannya. Salah satunya adalah link di bawah ini. Sudah lebih dari 14.442 orang yang membaca tulisannya. Padahal isinya biasa saja menurut Omjay. Komentarnya pun hanya 1 orang saja. Itu artinya, belum banyak guru penggerak yang memiliki akun di Kompasiana. Kebiasaan guru kita belum sampai kepada tahap menciptakan informasi. Baru sebatas mencari informasi.

https://www.kompasiana.com/ademamah1975/63f6e6d34addee7e1d3ba2c2/demonstrasi-kontekstual-modul-3-2-pemimpin-dalam-pengelolaan-sumber-daya


Apa tujuan dari demonstrasi kontekstual modul 3.2 yang dipelajari CGP?

  1. dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  3. dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Input sumber gambar dokpri

Dimana kita belajar menjadi guru penggerak?

Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid atau siswa Indonesia.  

Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya. 

Berikut adalah tabel penjelasan BAGJA sebagai pengingat secara singkat, untuk lebih rincinya silahkan Bapak dan Ibu CGP membaca ulang dari modul 1.3 pada LMS. Kita belajar bersama melalui LMS.

Sumber SIM PKB 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline