Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Ceramah Subuh Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd

Diperbarui: 15 April 2023   04:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ceramah subuh Pak Arief Rachman/dokpri


Kamis malam Jumat, Omjay menginap di sekolah SMP Labschool Jakarta. Sekolah SMP Labschool Jakarta mengadakan kegiatan SALAM. Studi Amaliah Ramadan yang disingkat SALAM dilaksanakan dari tanggal 12-14 April 2023. Hari Kamis sampai Jumat, Semua siswa kelas 7 yang beragama Islam menginap di sekolah. Ruang kelas disulap menjadi tempat tidur peserta SALAM.

Ceramah subuh diadakan di masjid Baitul Ilmi Labschool. Kegiatan dilaksanakan setelah sholat subuh berjamaah. Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd bertindak sebagai penceramah. Materi yang beliau berikan adalah BIRRUL WALIDAIN. 


Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambahtambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”.

(Luqman ayat 14)


Sehabis makan sahur, kami sholat subuh berjamaah di masjid baitul ilmi Labschool Rawamangun, Jakarta Timur. Ramai sekali masjidnya. Lantai 2 dan 3 dipenuhi dengan siswa kelas 7 SMP Labschool Jakarta. Sedangkan lantai 1 digunakan untuk tempat rapat dan menginap para mentor kegiatan SALAM SMP Labschool Jakarta. Koridornya dipakai untuk makan sahur peserta SALAM.

dokpri

Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd memberikan ceramah subuh bagus sekali. Materinya tentang Birull Walidain. Apakah itu? Birrul Walidain adalah Berbakti dan berbuat baik kepada orang tua yang mengandung makna mengasihi, menyayangi, mendoakan, taat dan patuh terhadap apa yang mereka perintahkan, melakukan hal-hal yang mereka sukai dan meninggalkan hal-hal yang tidak mereka sukai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline