Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Pengalaman Omjay Ikut Tes Calon Guru Penggerak

Diperbarui: 8 April 2023   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

CGP7/dokpri

Seorang kawan dari Bengkulu mengirimkan pesan di aplikasi WhatsApp. Beliau meminta Omjay menceritakan pengalaman Omjay menjadi calon guru penggerak dan mengikuti program pendidikan calon guru penggerak angkatan 7.

Assalamu'alaikum, Om Jay apa kabar? Bisa tolong dikirim tulisan pengalaman omJay ikut mendaftar program guru penggerak? Untuk saya share ke guru-guru di Bengkulu.

Omjay pernah gagal menjadi calon guru penggerak di angkatan 5. Omjay gagal di proses wawancara karena akses internet yang kurang bersahabat di daerah Serang Banten. Oleh karena itu, pastikan akses internet di daerah anda bagus bila ingin lolos menjadi calon guru penggerak angkatan berikutnya.

Setelah gagal di seleksi calon guru penggerak angkatan 5, Omjay mencoba kembali mendaftar di CGP angkatan 7. Seleksinya masih sama, lewat SIM PKB. Omjay menjawab semua pertanyaan dengan baik. Omjay mengisi soal essai sesuai dengan pengalaman Omjay mengajar dan menggerakkan komunitas belajar di PGRI.

Adapun bentuk soalnya sudah omjay tuliskan di kompasiana.com/wijayalabs. Ribuan guru sudah membaca soal essai tersebut.

Soal Essai Guru Penggerak Halaman all - Kompasiana.com

Kalau anda bisa menjawab soal essai dengan baik, maka anda akan masuk seleksi simulasi mengajar dan wawancara. Di seleksi ini agak berat, karena anda diminta mengajar di depan 2 orang penguji atau asesor secara online melalui aplikasi  virtual goole meet. Anda harus menjelaskan RPP yang anda buat dan mempresentasikan materi ajar dengan waktu yang ditentukan.

Dalam proses wawancara, sebenarnya anda hanya dikonfirmasi kebenaran apa yang anda tuliskan di soal essai dan kalau anda dapat menjawab dengan baik, maka anda akan dinyatakan lolos untuk mengikuti program pendidikan guru penggerak (PPGP) selama 6 bulan. Senang sekali rasanya ketika namanya ada dalam jejeran surat resmi dari kemdikbudristek yang ditandatangani pejabat di sana. Omjay sendiri di SMP Labschool Jakarta, baru seorang diri yang lolos sebagai calon guru penggerak di angkatan 7

Dalam PPGB, anda akan didampingi seorang fasilitator, seorang guru pengajar praktik dan seorang tim teknis yang mengurusi LMS PPGP di SIM PKB. Selama PPGP anda akan mendapatkan teman baru, materi baru, pengalaman baru, dan uang saku saat lokakarya. Kalau dihitung jumlahnya hampir satu bulan gaji Omjay sebagai seorang guru swasta di DKI Jakarta.

Namun, bukan uang yang kita cari dalam PPGP. Namun pengalaman baru dan teman baru itulah yang tidak kita dapatkan di sekolah sendiri. Adapun uang saku adalah bonusnya dari apa yang sudah kita kerjakan selama ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline