Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Jadi Guru Penggerak Harus Kuat

Diperbarui: 9 Maret 2023   18:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Omjay/Dokpri 

Seorang teman sejawat mengatakan,"jadi guru penggerak harus kuat". Guru harus kuat berpacu dengan waktu. Guru harus mampu dan kuat mengalahkan dirinya sendiri.

Guru penggerak harus kuat menghadapi cibiran. Sebab nanti ada guru lain yang tak senang dengan guru penggerak. Mereka akan mengatakan, "cie-cie jadi guru penggerak ni Yee!"

Begitulah yang terjadi pada seorang kawan yang sedang mengikuti program pendidikan guru penggerak selama 6 bulan. Guru tersebut menceritakan hal itu di saat lokakarya guru penggerak.

Guru penggerak juga harus kuat menjawab berbagai pertanyaan yang ada. Pertanyaan itu ditanyakan di LMS moodle guru penggerak melalui SIM PKB. Guru Penggerak harus kuat online dan kuat kuota internet. Bila tidak kuat kuotanya, maka tak akan sampai informasinya. Daring dan luring harus dijalankan secara seimbang. 

Guru penggerak memang harus kuat membaca. Banyak sekali ilmu pengetahuan baru yang didapat dari program pendidikan guru penggerak. Bila guru tak kuat membaca, maka jangan harap bisa berkeliling dunia. Sebab baca buku buka jendela dunia. Bila guru rabun membaca maka akan lumpuh menulis.

Guru penggerak memang harus kuat. Kalau guru tidak kuat, tidak mungkin guru penggerak bisa ikut lokakarya selama 6 kali pertemuan. Guru bertemu guru penggerak lainnya dan belajar bersama guru pengajar praktik lainnya. Guru penggerak akan merasakan kegembiraan di saat panen raya.

Guru penggerak memang harus kuat. Guru kuat menulis apa yang sudah dikerjakannya. Bukan sekedar menjalankan tugas pokok dan fungsi saja. Namun, mampu bekerja di luar kelas. Belajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Senang berbagi ilmu kepada siapa saja yang memerlukan ilmunya.

Guru penggerak harus kuat. Kalau tidak kuat, tidak mungkin lulus menulis soal Essai dan wawancara. Dalam wawancara dan praktik mengajar, guru penggerak ditanya apa yang sudah dilakukannya. Tidak bisa menyalin dari orang lain sebab semua yang dituliskan berdasarkan kisah nyata.

Apa sebenarnya yang dilakukan guru penggerak Indonesia? Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran di kelas. Guru kuat dan mampu mengajar dengan ilmu pengetahuan yang telah diberikan selama program pendidikan guru penggerak. Jadi mengajarnya tidak asal saja. Tidak sekedar menjalankan tugas menyampaikan materi ajar. Guru penggerak adalah guru yang profesional. Guru sangat menguasai materi yang diajarkannya.

Guru penggerak mampu mendidik generasi emas Indonesia. Sebab mendidik tidak bisa mendadak. Anda tidak bisa mendadak menjadi guru. Anda harus kuat ilmu pedagogik dan mau belajar kepada pakarnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline