Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Setengah Abad Menjadi Manusia

Diperbarui: 29 September 2022   08:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri 

Bulan Oktober Omjay akan berulang tahun yang ke-50. Tepatnya di hari sumpah pemuda. Omjay sudah mempersiapkan buku baru di hari ulang tahun. Judulnya kisah Omjay 50 tahun menjadi manusia. Tak terasa sudah setengah abad menjadi manusia.

Tentu Omjay bukan manusia yang sempurna. Masih banyak kekurangan di sana-sini. Semua itu harus terus diperbaiki dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi manusia yang sempurna adalah harapan kita. Namun, untuk mencapainya tidaklah mudah.

Omjay banyak belajar dari kisah Opa Tjipta dan Oma Roselina yang sangat bersahaja di Kompasiana. Umur mereka sudah 80 tahun dan mereka bahagia di hari tua. Selalu berbagi inspirasi kepada kami yang muda.

Begitu juga haji Thamrin Dahlan pimpinan YPTD. Usia beliau sudah tak muda lagi. Baru saja beliau merayakan ulang tahun yang ke-70. Namun, semangat menulisnya tidak kalah dengan orang muda. Rencana buku ini akan diterbitkan di YPTD.

Rahasia panjang umur mereka wajib kita ketahui. Omjay menemukan rahasia itu melalui tulisan-tulisan inspiratif yang dibuat oleh mereka. Banyak pengalaman dan ilmu pengetahuan yang telah mereka bagikan di Kompasiana.

Setengah Abad menjadi manusia membuat Omjay melakukan refleksi diri. Omjay dan lainnya adalah hamba Allah yang mendapatkan amanah untuk menyembah kepada Allah SWT. 

Dokpri

Kita harus menyadari bahwa dunia ini adalah tempat sementara. Kita akan menghadapi kehidupan sesudah mati. Kita hanyalah pengembara yang singgah sebentar. Kemudian akan terus berjalan sampai tujuan.

Dari mana mau kemana harus kita renungkan agar kita sampai kepada tujuan hidup di dunia. Menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah adalah tujuan yang harus diwujudkan dengan tindakan nyata dan bukan kata-kata.

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline