Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Bisakah OMG di Kurikulum Merdeka Belajar?

Diperbarui: 16 Februari 2022   19:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bisakah orang tua murid menjadi guru di kurikulum merdeka? Itulah sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh seorang kawan yang ingin mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di sekolahnya. Berikut ini saya ceritakan kegiatan di sekolah kami yang dimotori oleh POMG.

Rabu, 16 Februari 2022 pukul 07.00-10.00 WIB diadakan acara OMG yang diselenggarakan oleh Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG) SMP Labschool Jakarta. Orangtua Menjadi Guru (OMG) adalah kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh POMG SMP Labschool Jakarta. Tema kegiatan ini adalah Orang Tuaku, Inspirasiku. Sebuah tema yang sangat menginspirasi anak-anak Labschool jakarta.

dokpri

Acara OMG (Orangtua Menjadi Guru) merupakan acara yang mengundang Orangtua murid untuk menjadi guru dari profesinya masing-masing. Kemudian, siswa memilih untuk mengikuti kelas pada profesi tertentu. Siswa diberikan kebebasan untuk memilih kelasnya sesuai minat masing-masing.

dokpri

Untuk tahun ini terdapat 12 profesi yang dapat dipilih. Diantaranya adalah medis, enterprenuer, digital, seni, teknik, psikologi, keuangan, humas atau republic relations, hukum pilot, dan TNI atau polisi. Satu profesi lainnya yaitu olahraga, namun narasumber olahraga bukan perwakilan dari orangtua murid. Kebetulan orangtua yang diminta menjadi narasumber berhalangan hadir.


Acara pembukaan OMG sangat meriah sekali. Bapak ketua POMG, Kepala Sekolah dan Kepala BPS Labschool memberikan sambutan di acara pembukaan. Anda bisa menontonnya di https://youtu.be/RsNvEZvBZWo. Ada banyak siswa yang saya minta membuat liputan kegiatannya di blog pribadi. Salah satunya adalah liputan dari Nashwa, yang dapat anda baca di sini.

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline