Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

TERVERIFIKASI

Guru Blogger Indonesia

Apa itu Berpikir Komputational?

Diperbarui: 9 Oktober 2021   18:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berpikir komputational adalah metode berpikir yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. 

Pemanfaatan dan optimalisasi teknologi tersebut tidak terlepas dari sebuah proses mendasar yang harus dikuasai yaitu Computational Thinking (CT). Dengan melihat situasi saat ini dan prediksi pendidikan Indonesia ke depan, CT menjadi sebuah kemampuan dan keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki dan diaktualisasikan sejak dini. Melalui CT, siswa pada level sekolah dasar akan sangat terbantu dalam memahami perilaku manusia dalam kaitannya dengan konsep dasar berpendidikan yang berbasis komputer. CT akan melatih dan memacu seluruh rangkaian mental siswa yang memungkinkan siswa memecahkan masalah yang sulit menjadi lebih ringan 

Computational Thinking (CT) merupakan sebuah keterampilan dan praktik ilmu komputer yang sangat membantu dalam proses pemecahan masalah. CT menjadi sebuah keterampilan yang perlu dikembangkan sejak dini terutama di Pendidikan Dasar. CT meliputi beberapa keterampilan yaitu abstraction, generalisation, decomposition, algorithmic thinking, dan debugging.

 

Kompetensi Inti (KI) 

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  • Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

  • Menjelaskan berpikir konsep komputasi  
  • Memecahkan permasalahan melalui soal-soal problem solving sesuai dengan konsep berpikir komputasi

Indikator Pencapaian Kompetensi

Pengetahuan:

  • Menjelaskan pengertian berpikir komputasi
  • Menjelaskan konsep algoritma dalam berpikir komputasi
  • Menjelaskan konsep decomposition dalam berpikir komputasi

Keterampilan:

  • Memecahkan permasalahan melalui soal-soal problem solving konsep algoritma dalam berpikir komputasi
  • Memecahkan permasalahan melalui soal-soal problem solving konsep decomposition dalam berpikir komputasi

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline