Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Belajar Bicara dengan Siaran Langsung di Youtube

Diperbarui: 13 Agustus 2021   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri.

Yth. Bapak dan ibu yang baik hatinya, silahkan klik https://youtu.be/t1I-YWWqgGk, kali ini omjay membedah sebuah buku yang berjudul belajar dari rumah di Era Pandemi Covid-19 karya ibu Safitri Yuhdiyanti, seorang guru taman kanak-kanak yang luar biasa, beliau baru saja sembuh dari covid-19. Kita doakan beliau selalu sehat dan menerbitkan buku dengan judul keren lainnya. Jangan lupa kasih like dan subscribe ya!


Begitulah status omjay di berbagai WA Group. Ada yang langsung memberikan komentar positif, dan ada juga yang memberikan komentar negatif. Bahkan ada yang minta kuota pulsa. Katanya, video yang omjay buat dalam siaran langsung terlalu panjang. Perlu kuota banyak agar bisa menyaksikannya dari awal sampai akhir.

dokpri

Berdasarkan masukan itulah, omjay membuka kelas belajar bicara. Supaya kita belajar bicara lewat youtube. Kita belajar bicara yang efektif sehingga tidak membosankan penonton. Kita memerlukan humor agar penonton terhibur karenanya. Bila penonton terhibur, pastilah jumlah penontonnya langsung banyak, seperti siaran langsung sahabat saya ini, ketika membedah soal-soal PPPK. Acara bedah soal Kisi-kisi PPPK guru tahun 2021 dengan narasumber bapak Eko Adi Saputro langsung banyak jumlah penontonnya. Sekarang saja sudah lebih dari seribu penonton.


Bapak Joko Irwan Mumpuni langsung memposting rekaman videonya di WA Group Tim Penyusun Buku Informatika. Jumlah penontonnya sudah ribuan hanya dalam beberapa jam saja. Saya pun tertawa dan tersenyum dibuatnya. Sebab isi videonya benar-benar dibutuhkan oleh para penontonnya. Terutama kawan-kawan guru yang akan ikuatan tes online PPPK.

Dokpri

Memang harus saya akui, membuat konten yang menarik di youtube tidaklah mudah. Apalagi dalam bentuk siaran langsung atau live. kalau acaranya tidak menarik, pastilah hanya sedikit jumlah penontonnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline