Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Sudah Siapkah Anda dengan Sekolah Online dan Kelas Maya?

Diperbarui: 14 Juli 2020   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelas Maya (Dokpri)

Sekolah Online dan Kelas Maya.

Senen, 13 Juli 2020 adalah hari pertama masuk sekolah. Bukan sekolah biasa. Tapi sekolah online dan kelas maya. Guru dan siswa bertemu secara virtual di kelas maya. Belajar dari rumah adalah pilihan tepat di zona merah.

Pandemi covid19 membuat kita semua belajar kebiasaan baru. Tak pernah terbayangkan sebelumnya kalau kita akan belajar di sekolah online dan kelas maya.

Guru dipaksa merancang pembelajaran jarak jauh yang efektif dari rumah. Pembelajaran yang menyenangkan harus tetap terjadi di kelas maya. Guru senang, siswapun senang. Orang tua tenang dan kita sama-sama senang.

Pukul 06.30 wib saya dan kawan kawan sudah ikut rapat guru melalui aplikasi zoom irit kuota ini. Kita saling berkoordinasi tentang kegiatan hari ini. Hari pertama masuk sekolah harus berkesan di hati. Tetap diikuti dengan wajah berseri. Sang mentari pagi sudah terlihat meninggi.

Pukul 07.00 wib rapat sudah selesai lega rasanya. Masing masing guru masuk ke kelas maya. Saya dan bu Nisa masuk di kelas 8B SMP Labschool Jakarta. Kita menyapa siswa dan memperkenalkan diri sebagai wali kelasnya yang baru dan bersahaja. 

Siswa menyambutnya dengan berpakaian seragam sekolah seperti biasa. Bedanya, kita biasa bertemu langsung di kelas nyata. Kini kita hanya bisa bertemu secara virtual di kelas maya.

Kami saling berinteraksi dan memilih pengurus kelas kita. Saling berkenalan dan menyapa itu pastinya. Alhamdulillah telah terpilih pengurus kelas kita. Cahya menjadi ketua kelasnya. Fathur menjadi wakilnya. Dania menjadi bendaranya. Lalu Saskia menjadi bendaharanya. Sedangkan pengurus seksi saya lupa lagi namanya.

Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 08.30 wib. Kami pamit sebagai wali kelasnya yang baru. Pak Gilang guru bahasa Indonesia sudah siap mengajar bahasa Indonesia pukul 09.00 wib. Para siswa beristirahat sejenak. Harus ada jeda waktu antar mata pelajaran. Supaya siswa menggerakkan badan.

Saya langsung pindah link untuk masuk ke kelas lainnya. Ada kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah atau mpls untuk siswa baru kelas 7. Saya langung bergabung di dalamnya.

Bapak Asdi Wiharto, kepala sekolah kami sedang presentasi menjelaskan tentang berbagai kegiatan di SMP Labschool Jakarta. Siswa kelas 7 terlihat senang sekali. Mereka banyak bertanya tentang sekolahnya yang baru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline