Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Mengajak Siswa Menulis di Kompasiana

Diperbarui: 24 Januari 2019   10:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

siswa smp labschool jakarta

Belakangan ini saya mengajak siswa menulis di blog keroyokan kompasiana.com. Alasannya kompasiana adalah blog yang sangat bagus untuk digunakan sebagai media online untuk belajar menulis. Sekaligus mengajak siswa untuk berlatih menulis dari apa yang dialaminya sehari-hari.

Pembaca di kompasiana.com cukup banyak. Jadi anak-anak kelas 7 SMP ini suka melihat tulisan mereka dikomentari oleh banyak orang. Selain itu mereka jadi tahu dinamika penulis dan pembaca kompasiana yang selalu ramai selama 24 jam.

Ada beberapa siswa mengalami kesulitan saat registrasi. Mereka belum bisa masuk ke akun kompasiana.com karena registrasi yang gagal. Kebanyakan kurang teliti dalam menulis alamat akun di kompasiana dan alamat emailnya tidak benar menuliskannya. Jadi wajar kalau mereka tidak mendapatkan email konfirmasi di kompasiana.

Ada juga yang bisa login, tapi bingung karena yang keluar website kompas.com. Padahal itu sama saja pintu masuknya dengan kompasiana. Begitu dijelaskan dan di klik kompasiana.com barulah bisa mulai menulis di kompasiana.com.

Alhamdulillah akhirnya semakin banyak siswa kelas 7 smp labschool jakarta yang memiliki akun di kompasiana.com. Mereka bisa menceritakan sekolahnya melalui tulisannya di kompasiana. Sudah mulai banyak tulisan siswa smp labschool jakarta. Mulai dari cerita pentas seni sampai loburan sekolah mereka.

Hari ini saya minta mereka menulis ringkasan buku menulis kreatif karya Raditya Dika. Berikut ini salah satu contoh tulisan mereka di kompasiana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline