Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Kisah Lebaran Hari Pertama

Diperbarui: 16 Juni 2018   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kisah Lebaran Hari Pertama.

Alhamdulillah lebaran idul fitri hari Pertama telah kita lalui. Kegembiraan hadir bersama mereka yang merayakannya. Begitu juga dengan keluarga kami.

Hari lebaran pertama kita rayakan di Bandung. Tepatnya di belakang apotik jamika kota Bandung. Kami sholat idul fitri di jalan jamika bandung dengan penceramah ustadz Wawa.

Ramai sekali jamaah sholat idul fitri. Ribuan orang memadati jalan jamika. Saking banyaknya jamaah, kotak amal belum tersebar merata. Sehingga banyak jamaah yang belum sempat memberikan sedekahnya.

Usai sholat idul fitri kami saling bersalaman dan bersilahturahim dari rumah ke rumah. Saling bermaafan atas kehilafan. Setelah itu makan dan minum yang dibuatkan wa uyun dan teh ros kakak ipar saya.

Ada kabar baik datang. Kakak ipar mengajak ke Jakarta untuk silahturahim. Cucu satu satunya datang dari Palembang dan sekarang ada di pondok kelapa jakarta timur.

Kami 8 orang langsung meluncur ke jakarta dengan mobil avanza saya. Mang oleh yang nyupir dan saya ada di sebelahnya.

Alhamdulillah perjalanan ke Jakarta lancar. Namun perjalanan ke arah cikampek terlihat macet. Polisi membuat jalur khusus di Cikarang supaya para pemudik cepat sampai ke tujuan.

Tiba di pondok kelapa kami disambut baik oleh tuan rumah. Suasana kegembiraan berubah menjadi kesedihan.

Kakak ipar saya dan anaknya menangis terharu. Sebab sudah 4 tahun lebih belum bertemu anak dan cucunya. Sayapun ikut terharu dibuatnya.

Setelah bersilahturahim di pondok kelapa, kami berziarah ke makam orang tua saya di pondok malaka. Di sana kami berdoa agar kedua orang tua saya diampuni dosanya dan berada di surga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline