Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Kegiatan Seru Komunitas Guru TIK dan PGRI di Dunia Maya serta Otn 2023

Diperbarui: 6 Agustus 2023   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar dokpri  semua itu berhasil karena kekompakan guru TIK Indonesia.

Teman-teman guru TIK dan KKPI / Informatika di seluruh Indonesia. Juga kawan-kawan guru di seluruh Indonesia. Omjay diminta menjadi narasumber dan akan berbagi ilmu tentang revolusi industri dan literasi digital. Kegiatannya gratis dan melalui aplikasi zoom. Silahkan bergabung di wa group agar tak tertinggal informasi kegiatan seru Kogtik dan PGRI di dunia Maya.

Dahulu matpel kita namanya TIK dalam kurikulum 2013 dan Sekarang namanya diganti menjadi informatika.  Dalam kurikulum merdeka Matpel TIK yang hilang dalam kurikulum 2013 Alhamdulillah telah kembali tampil dengan nama informatika.

Sumber gambar dokpri kegiatan PGRI di dunia maya

Namun sayangnya belum menjadi matpel wajib di tingkat sekolah dasar. Padahal materinya sangat penting diberikan di tingkat sekolah dasar. Baru sekolah swasta saja yang berani memberikan materi Informatika di tingkat sekolah dasar melalui muatan lokal. Semoga segera diikuti sekolah lainnya.

Alhamdulillah komunitas guru tik (Teknologi Informasi dan Komunikasi)  dan kkpi (Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi) (KOGTIK) terus bergema di mana mana. Komunitas guru ini dibentuk dari kemandirian dan kebersamaan guru TIK dan kkpi di seluruh indonesia. Meskipun sudah mulai banyak guru TIK dan kkpi terbeli oleh fasilitas negara, kami tetap berjuang dengan kemandirian dan persahabatan. Kami tetap kompak dalam suka maupun duka. Beberapa tahun lalu kami bergabung di PGRI dengan nama Ikatan Guru Informatika PGRI. Pembina kami adalah Prof. Dr. Ir. Eko Indrajit.

Sumber gambar dokpri

Kekompakan kami dapat terlihat dari selalu suksesnya penyelenggaraan olimpiade TIK Nasional atau OTN yang kami selenggarakan tanpa dana sepeserpun dari pemerintah. Kemandirian menjadi kunci utama pergerakan kami. Tahun ini kami akan melaksanakan kegiatan otn yang kelima.

Sumber gambar dokpri

Mohon izin berbagi informasi olimpiade TIK dan informatika nasional yang akan digelar di aula gedung A Kemdikbudristek Jakarta pusat.

Kegiatan otn 2023 tahun ini akan digelar bulan Desember 2023. Ayo kita ramaikan acaranya! Silahkan klik link di bawah ini.

https://www.kompasiana.com/wijayalabs/64ce696908a8b56ca0220192/olimpiade-tik-informatika-nasional-otn-akan-digelar-bulan-desember-2023

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline